Pasar Pancingan Hadir Kembali dengan Edisi #LombokBangkit

Kemenpar, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 15:19 WIB
Pasar Pancingan Hadir Kembali dengan Edisi #LombokBangkit Ilustrasi wisata Lombok, Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah. (Antara/Eka Fitriani)
Lombok, CNN Indonesia -- Destinasi digital Pasar Pancingan Desa Bilebante, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan kembali dibuka usai bencana gempa beberapa waktu lalu dengan edisi sepesial #LombokBangkit pada Minggu (9/9).

Acara ini bisa kembali terjadi berkat dorongan dari para stakeholder pariwisata Lomnok termasuk Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok-Sumbawa.

"Selama seminggu ini, kami banyak menerima telepon. Semua bertanya kapan Pasar Pancingan buka. Hal ini membuat kami terharu. Pasar Pancingan ternyata dirindukan publik," kata pedagang Pasar Pancingan Rizky Jedink, Senin (3/9).


Rizky menjanjikan banyak keseruan di Pasar Pancingan edisi #LombokBangkit. Aneka kuliner, permainan dan hiburan menarik telah disiapkan untuk memberi hiburan sekaligus sebagai trauma healing bagi masyarakat Lombok.

Fokus Pasar Pancingan kali ini adalah hiburan keluarga. Beragam aktivitas keluarga akan ditonjolkan, seperti memancing atau bermain main air. Bagi anak-anak, kegiatan ini bisa menjadi sarana pemulihan yang seru.
"Setelah gempa bumi yang melanda Lombok, kami tidak mau berlarut-larut. GenPI akan terus semangat mendukung pariwisata melalui destinasi digital. Sehingga, recovery pariwisata Lombok akan cepat terealisasi. Sekaligus memberikan trauma healing bagi masyarakat dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan," ungkap Rizky.

Untuk edisi spesial nanti, Pasar Pancingan akan beroperasi seperti biasa, yaitu dari pukul 07.00 sd 11.00 Wita, di Desa Wisata Bilebante, Pringgerata, Lombok Tengah.

Pasar Pancingan akan menawarkan alternatif wisata yang menarik. Wisatawan akan diajak untuk merasakan sensasi kuliner berbonus atraksi desa wisata.

"Nah buat kamu yang lagi di Lombok dan sudah kangen Pasar Pancingan kita ketemu ya. Jangan lupa cas penuh gadget kamu dan pastikan selfie di setiap sudut Pasar Pancingan yang instagramable," ujar Ricky.

Mendengar hal itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya pun bangga dan terharu akan tekad kuat GenPI Lombok membangkitkan pariwisata Lombok. GenPI Lombok telah membuktikan diri bergerak secara aktif mendukung pemulihan pariwisata Lombok. Bukan saja aktif di online tetapi juga di offline.

Arief mengaku optimis pariwisata Lombok dapat segera bangkit, pasalnya seluruh stakeholder berperan aktif untuk membantu membangun kembali Lombok. Hal ini juga didukung dengan semangat besar masyarakatnya.

"Saya telah berkali-kali menyampaikan bahwa spirit itu lebih hebat dari strategi. Semangat kuat ini ditunjukkan oleh masyarakat pariwisata di Lombok. Contohnya GenPI Lombok yang tanpa mengenal lelah terus bekerja membangkitkan pariwisata Lombok. Saya yakin pariwisata Lombok akan segera bangkit," ujar Arief.

Arief pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus membantu proses pemulihan Lombok, agar masyarakat Lombok dapat kembali hidup seperti sebelumnya.

"Caranya sangat mudah, mari kita berwisata ke Lombok sebagai bentuk dukungan kita. Saya pastikan Lombok kini telah aman. Amenitasnya pun masih banyak yang tidak mengalami kerusakan. Kita buktikan kepada dunia bahwa Lombok itu indah dan aman," ujar Arief. (stu)