10 Tempat Belanja Populer di Jepang

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 09/09/2018 18:18 WIB
10 Tempat Belanja Populer di Jepang Kawasan belanja di Shibuya. (Istockphoto/Ferrantraite)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah bukan rahasia lagi bahwa Tokyo merupakan surga bagi mereka yang gemar berbelanja.

Ibu kota Jepang ini menawarkan berbagai hal mulai dari barang bermerek, ragam busana unik, kerajinan tradisional, barang antik hingga barang elektronik yang kiranya tak lazim ditemukan di tempat lain.


Bisa dibilang hampir semua barang bisa anda temukan di ibu kota Jepang ini. Di beberapa daerah di Tokyo, banyak area toko yang mengkhususkan pada barang-barang tertentu, misalnya Akihabara untuk produk listrik dan Harajuku yang menjual busana trendi.


Sehingga penting bagi anda untuk menyesuaikan daerah berbelanja yang akan dikunjungi dengan kebutuhan yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa area berbelanja terbaik di Tokyo untuk dikunjungi seperti yang dikutip dari Japan Guide pada Jumat (7/9):

1. Ginza

Area ini telah menjadi destinasi berbelanja yang populer di mata turis maupun warga lokal Jepang. Merupakan rumah bagi butik-butik mewah dan toko serba serbi seperti Mitsukoshi atau Dover Street Market Ginza.

Pusat perbelanjaan baru bernama Ginza Six juga berdiri di area ini.

Bagi yang mencari produk bermerek mewah, Ginza Wako merupakan department store yang wajib dikunjungi. Ginza Wako terletak di persimpangan Ginza 4-chome pusat.

Di samping toko-toko bermerek mewah, area Ginza juga menawarkan beberapa barang yang lebih sederhana seperti barang kerajinan di Takumi, kuliner khas di Akoymeya maupun toko alat tulis dan perlengkapan seni, yakni Itōya.


2. Asakusa

Selama berabad-abad, Asakusa merupakan distrik hiburan terkemuka dan pusat kehidupan kaum menengah ke bawah. Di kawasan ini ada bisa ditemukan banyak toko pengrajin sampai area prostitusi.

Jalur kecil dan gang yang berkelok di Asakusa adalah sarang dari barang-barang antik maupun pernak pernik. Nakamise Shopping Street menawarkan berbagai macam suvenir wisata di sepanjang jalannya.

Koleksi butik seni dan kerajinan dengan kualitas tinggi dapat ditemui di Marugoto Nippon. Sedangkan Kappabashi-dōri penuh dengan toko-toko pasokan kuliner.

3. Kuramae

Kuramae mendapatkan namanya dari lumbung beras yang kerap ditemukan berjajar di sepanjang jalan selama era Edo. Pada masa itu, beras memiliki kedudukan yang sama pentingnya dengan uang. Kini Kuramae telah menjadi pusat toko para pengrajin lokal.

Ragam kerajinan tangan seperti barang-barang berbahan kulit yang dapat anda jumpai di Camera, pakaian yang dibuat menggunakan teknik pencelupan kusakizoma tradisional di Maito dan Kakimori yang menawarkan kesempatan membuat desain notebook dan warna tinta sesuai selera Anda.


4. Shinjuku

Nama Shinjuku mengacu kepada area hiburan, bisnis dan perbelanjaan besar di sekitar Stasiun Shinjuku. Area ini merupakan destinasi belanja yang tepat karena variasi barang yang lengkap. Jika anda tidak terbiasa dengan suasana yang ramai, berbelanja di Shinjuku bisa sedikit membingungkan.

Isetan, Takashimaya, Odakyu dan Keio adalah beberapa department store besar yang akan anda temui di daerah Shinjuku.

Begitu pula dengan tiga toko elektronik besar, yaitu Yadobashi Camera, Big Camera dan Yamada Denki.

10 Tempat Belanja Populer di JepangShinjuku. (Istockphoto/501room)

5. Kōenji dan Kichijōji

Perjalanan kereta singkat dari Shinjuku akan mengantarkan Anda ke bagian depan Koenji, area Tokyo yang penuh kreativitas dan pusat budaya pemuda alternatif. Jika Anda sedang berburu pilihan mode antik maupun pakaian bekas, Koenji merupakan daerah yang penuh dengan harta karun.

Gedung Kita-Kore dan Sokkyō adalah beberapa di antaranya.

Sedangkan Kichijoji telah menjadi pusat hiburan dan belanja sejak setelah Perang Dunia II.

Wilayah ini cukup terkenal di mata generasi muda seperti halnya Koenji. Jika Koenji kerap dikenal karena pilihan modenya, Kichijoji merupakan wilayah bagi barang rumah tangga dengan harga yang relatif murah.

Barang interior bernuansa boho banyak dijual di Outbound dan keramik antik dapat anda jumpai di toko-toko seperti Puku Puku.

6. Daikanyama and Naka-Meguro

Daikanyama merupakan lingkungan pusat Tokyo yang unik dan padat dengan butik kecil seperti UES Clothing, toko buku menarik seperti Daikanyama T-Site, kafe dan restoran dengan interior yang begitu mengundang seperti Matsunosuke.

Butik dengan ragam mode dan aksesoris seperti Harcoza dan Okura juga bersarang di sini. Seperti layaknya Daikanyama, Naka-meguro juga merupakan sudut Tokyo yang menarik bagi turis hipster.

Terletak di sepanjang Sungai Meguro, pada musim semi Naka-meguro menjadi tempat yang strategis untuk melihat berseminya bunga sakura.

Di sepanjang wilayah Naka-meguro terdapat banyak toko yang menjual barang-barang alternatif berbahan ramah lingkungan. SML misalnya, yang merupakan singkatan dari Standard Manufacturer Laboratory, menjual keramik buatan tangan, tembikar dan sejenisnya dari seniman lokal Jepang.

7. Shibuya

Berperan sebagai pusat busana dan budaya generasi muda, Shibuya adalah salah satu wilayah di Tokyo yang dikenal akan area perbelanjaan dan hiburan yang banyak dijumpai di sekitar Stasiun Shibuya. Ada begitu banyak mal yang bisa Anda temukan di sekitar area ini.

Sebagian besar departemen besar dan toko-toko busana milik Tokyu atau Seibu, dua perusahaan paling bersaing di Jepang.

Beberapa butik-butik seperti Shibuya 109 atau Fake Tokyo juga kerap menjadi tujuan favorit gerombolan muda Jepang.

Tokyu Hands menjadi toko yang tak bisa dilewatkan jika anda berburu peralatan rumah tangga, gadget atau aksesoris.

[Gambas:Instagram]

8. Shimo-Kitazawa

Berawal sebagai komunitas pertanian, Shimo-Kitazawa kini berubah menjadi surga belanja. Berbagai toko barang bekas serta toko barang vintage bersarang di seluruh penjuru wilayah ini.

Berjalan kaki selagi menghabiskan waktu dari satu butik ke butik lainnya menjadi hal yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke Shimo-Kitazawa.

Haight & Ashbury dan Flamingo merupakan salah satu butik yang menjual pakaian vintage bernuansa Eropa dan Amerika dengan harga terjangkau.

9. Harajuku dan Aoyama

Harajuku dan Aoyama merupakan rumah bagi aliran mode Harajuku yang terkenal di Jepang.

Harajuku mengacu pada area di sekitar Stasiun Harajuku Tokyo, yang terletak di antara Shinjuku dan Shibuya di Jalur Yamanote.

Sedangkan Aoyama terletak di bagian barat laut Minato Ward.

Keduanya dianggap sebagai salah satu lingkungan kaum atas di Tokyo.

Berbagai pusat perbelanjaan dapat Anda temui seperti Ometesando Hills dibuka pada tahun 2006, terdiri dari enam lantai dengan 100 toko kelas atas, kafe dan restoran terdapat di dalamnya maupun LaForet Harajuku yang terdiri dari tujuh lantai butik fashion dan toko lainnya.

Tidak jauh dari stasiun kereta bawah tanah Aoyama Itchome terdapat Kerajinan Tradisional Jepang Aoyama Square yang merupakan toko serba ada untuk semua jenis kerajinan Jepang.

10 Tempat Belanja Populer di JepangHarajuku. (Istockphoto/Tomsmith585)

10. Akihabara

Jika sedang berburu alat elektronik, Akihabara adalah surganya. Toko-toko seperti Sofmap, Laox, Yamada Denki dan Yodobashi Camera sudah terkenal sebagai toko elektronik besar dan lengkap di Akihabara.

Belakangan ini Akihabara juga mendapat pengakuan sebagai pusat dari otaku (pecinta anime) di Jepang, sehingga banyak toko atau perusahaan anime dan manga yang kini tersebar di antara toko-toko elektronik di distrik ini, salah satunya Mandarake Complex. 

(fey/ard)