Kesalahan-kesalahan Wanita saat Memilih dan Merawat Bra

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/09/2018 10:35 WIB
Kesalahan-kesalahan Wanita saat Memilih dan Merawat Bra Ilustrasi. (REUTERS/Bobby Yip)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bra merupakan salah satu 'perkakas' penting bagi wanita. Tanpa bra, barangkali payudara bakal mengendur.

Penggunaan bra berfungsi untuk membagi sebagian atau seluruh berat payudara ke area bahu dan pinggang. Ketika dipasang dengan benar, sekitar 80 persen dari berat ditampung oleh tali bra.

Namun, sayangnya masih banyak wanita yang membuat kesalahan saat memilih dan merawat pakaian dalam yang satu itu. Alhasil, ketika bra yang digunakan tak cocok dengan struktur payudara, bisa jadi Anda merasa tak nyaman.



Untuk menghalau rasa tak nyaman akibat bra yang salah, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa kesalahan yang kerap dilakukan wanita saat memilih dan merawat bra.

1. Bra tidak bisa diukur secara profesional

Ukuran bra benar-benar penting. Mencari ukuran bra tak seperti bermain tebak-tebakan. Sayangnya, kebanyakan wanita tak mengenakan ukuran bra yang sesuai.

Sebuah studi menemukan bahwa sekitar 80 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah. Sebagian besar kesalahan itu adalah mengenakan bra dengan ukuran yang terlalu sempit.

Bagaimana cara mengetahui bahwa bra yang digunakan terlalu sempit bagi tubuh Anda? Jika Anda menghabiskan sepanjang hari untuk menarik bra yang Anda kenakan, bisa jadi itu disebabkan oleh ukuran yang salah.

2. Model cup yang salah

Meski 'demi bra' atawa bra dengan model 3/4 cup dengan strap lebar yang kerap digunakan untuk mengangkat payudara itu terlihat menarik jika digunakan, tapi bukan berarti itu pas untuk semua wanita. Demi bra tak cocok untuk wanita berpayudara besar.

Mengutip Women's Health, ada tujuh jenis payudara yang berbeda. Bentuk alami payudara akan berkaitan dengan jenis bra yang sesuai untuk digunakan.


3. Tidak menyesuaikan tali bra

Pastikan untuk selalu menyesuaikan tali bra setiap Anda mengenakannya. Perancang pakaian dalam, Mariana Hernandez, berbicara pada Pervention bahwa pencucian dan pemakaian bra berkali-kali menyebabkan tali semakin mengendur. Alhasil, tali bra perlu dikencangkan sesering mungkin.

4. Hanya menggunakan satu model bra

Satu model bra belum tentu sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Penulis The Bra Zone, Elizabeth Dale, mengatakan kepada Today bahwa setiap wanita harus memiliki model bra yang berbeda.

5. Memakai bra dua hari berturut-turut

Sebenarnya, mengenakan bra lebih dari sekali sebelum dicuci bukan perkara besar. Kebanyakan wanita juga melakukannya. Namun, sebaiknya hal itu tidak dilakukan.

Spesialis bra, Bobbie Smith mengatakan kepada Huffington Post bahwa membiarkan bra untuk 'beristirahat' akan membantu mengembalikan kekuatan elastisitasnya.

6. Menyimpannya dalam posisi terlipat

Melipat bra menjadi cara termudah untuk menyimpannya di dalam laci. Namun, hal itu membuat bra tak tahan lama.


Perancang pakaian dalam, Elodie Giorgis, mengatakan kepada Huffington Post bahwa bra harus disimpan dengan cara ditumpuk satu sama lain tanpa dilipat. Lipatan, kata dia, akan merusak bentuk bra.

7. Mencuci bra menggunakan mesin cuci

Mesin cuci memang menjadi cara mudah untuk membersihkan setiap pakaian kotor. Namun, itu bukan pilihan tepat jika Anda ingin bra lebih tahan lama.

Seorang pakar pakaian dalam, Claire Chambers, mengatakan kepada Harper's Bazaar bahwa dalam kebanyakan kasus, bra harus selalu dicuci oleh tangan dengan bersih.

"Mencuci bra dengan tangan terdengar membosankan, tapi sebenarnya cukup mudah," ujar Claire. (asr/chs)


ARTIKEL TERKAIT