Cendera Mata 'Ajaib' dari Jepang yang Wajib Dibawa Pulang

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Minggu, 09/09/2018 20:10 WIB
Cendera Mata 'Ajaib' dari Jepang yang Wajib Dibawa Pulang Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berkelana ke Negeri Sakura tak lengkap rasanya jika pulang dengan tangan kosong. Oleh-oleh untuk orang terkasih bakal menjadi kenang-kenangan yang tepat dari Jepang.

Dari sekian banyak buah tangan yang tersedia di Jepang, ada beberapa cendera mata 'ajaib' yang bisa dibawa pulang. Oleh-oleh ini memiliki nilai dan filosofi tersendiri bagi masyarakat Jepang.

Berikut oleh-oleh ajaib yang wajib dibawa pulang dari Jepang, dikutip dari berbagai sumber.


1. Omamori

Omamori merupakan jimat khas Jepang yang berfungsi sebagai pembawa keberuntungan dan pemberi perlindungan. Jimat ini biasanya banyak dijual di situs keagamaan seperti kuil yang banyak terdapat di Jepang.

Beberapa omamori kini dibuat dengan desain yang lucu dan menggemaskan. Sebagian lain masih mempertahankan bentuk klasik khas Jepang lengkap dengan lokasi pembeliannya. Jimat omamori ini bisa diletakkan di mana saja dan dibawa ke mana-mana.

Omamori bisa didapatkan dengan harga 100 yen saja atau sekitar Rp13 ribu.

2. Senjafuda

Jika omamori terbuat dari kain, senjafuda merupakan jimat lain yang terbuat dari kertas dan berbentuk seperti stiker. Senjafuda bisa dengan mudah ditemui di gerbang kuil dan berbagai tempat pemujaan lainnya.

Jimat ini juga dapat ditempel di mana saja dan disebut-sebut ampuh membawa nasib baik bagi orang yang menempelnya. Ia juga bisa berisi doa dan keinginan khusus yang diharapkan.

3. Maneki neko

Maneki neko merupakan istilah untuk pajangan kucing pengundang. Pajangan ini menyerupai seekor kucing dengan wajah memelas dan melambaikan satu tangannya seolah-olah sedang mengundang orang untuk datang.

Maneki neko banyak terdapat di sejumlah toko, restoran, kantor, dan rumah di Jepang lantaran dipercaya dapat mendatangkan rezeki serta kemakmuran.

Kini, maneki neko banyak tersedia dalam beragam ukuran dan warna sebagai salah satu pilihan buah tangan dari Jepang.

4. Tanuki statue

Berbeda dengan maneki neko yang berbentuk kucing, tanuki statue menyerupai anjing rakun Jepang. Sebagian percaya tanuki merupakan makhluk khayalan magis dari cerita rakyat Jepang.

Tanukie statue dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memajangnya. Tak aneh kemudian jika tanuki statue banyak dijumpai di sejumlah toko dan restoran di Jepang.

Percaya atau tidak dengan keajaiban pembawa keberuntungan khas Jepang ini, barang-barang ini tetap menarik untuk dijadikan oleh-oleh dan pajangan sebagai kenang-kenangan.

Selain benda-benda ajaib ini, Negeri Matahari Terbit ini juga menyediakan beragam pilihan buah tangan lainnya seperti cokelat dan permen aneka rasa termasuk teh hijau, sumpit, kipas, gantungan kunci, hingga baju tradisional Jepang yang dikenal dengan Yukata. (asr/chs)




ARTIKEL TERKAIT