Minum Alkohol dalam Pesawat Bisa Diganjar Penjara

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 12/09/2018 15:23 WIB
Minum Alkohol dalam Pesawat Bisa Diganjar Penjara Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian orang, minuman alkohol yang disediakan dalam penerbangan jarak jauh bisa membuat mereka lebih santai selama duduk di dalam kabin pesawat.

Namun ada larangan baru terkait minum minuman alkohol dalam penerbangan, khususnya bagi turis Inggris yang melakukan penerbangan mengarah ke Dubai.


Dikutip dari Lonely Planet pada Rabu (12/9), Kedutaan Besar Inggris di Uni Emirat Arab (UEA) mengimbau warga negaranya untuk tidak minum minuman alkohol atau berada di bawah pengaruh minuman alkohol saat berada di Dubai.


Kedutaan Besar Inggris di UEA juga tak menganjurkan penumpang transit melakukan dua hal tersebut.

"Minum alkohol di tempat umum merupakan hal yang dilarang di Dubai. Jika petugas keamanan mendapati penumpang membawa atau meminum alkohol tanpa izin, atau kedapatan bertindak di bawah pengaruh minuman alkohol, maka penumpang bisa saja ditahan," tulis Kedutaan Besar Inggris di UEA dalam situs resminya.


Larangan baru ini diterbitkan pemerintah Inggris setelah kasus salah satu penumpangnya yang ditahan karena ketahuan minum segelas wine dalam penerbangannya dari Inggris ke Dubai.

Setelah diketahui memiliki kadar alkohol di bawah batas normal, sang penumpang lalu dibebaskan.

UEA memang memiliki aturan bahwa penduduk non-Muslim wajib memiliki surat izin untuk bisa membeli dan menikmati minuman alkohol di kawasannya.

Aturan ini tentu saja menjadi masalah bagi turis yang kadang sering khilaf dalam perbuatannya, terutama jika sudah kongko sambil minum minuman alkohol.

Apalagi turis juga tak memiliki surat izin menikmati alkohol seperti yang dimiliki penduduk UEA.

Larangan dan aturan terkait minuman alkohol di UEA, khususnya Dubai, memang masih abu-abu.

Karena dalam sejumlah kasus, hanya turis yang bertindak rusuh dan diketahui berada di bawah pengaruh alkohol yang lebih sering ditangkap oleh petugas keamanan.

Jadi bagi yang masih ingin menikmati minuman alkohol dalam penerbangan dari dan ke UEA, sebaiknya mengingatkan diri agar tak terlalu mabuk karena tetap harus bertemu dengan petugas bandara saat pesawat mendarat.

(ard)