Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Meninggalkan Kamar Hotel

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 13/09/2018 12:44 WIB
Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Meninggalkan Kamar Hotel Ilustrasi. (Foto: Dok. Hotel Tugu Malang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat bermalam di sebuah hotel, biasanya kebanyakan orang akan terlena dengan segala fasilitas yang disajikan dalam kamar. Mulai dari kasur yang empuk, kenyamaman berendam di bathup, hingga sajian hiburan dari beragam saluran televisi.

Namun sebagai pelancong yang baik, sebaiknya jangan tinggalkan kamar hotel begitu saja. Karena bisa jadi dengan meninggalkan kamar hotel begitu saja, akan menyebabkan kerugian yang mengacaukan agenda selanjutnya.

Mengutip oyster, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum meninggalkan hotel.


1. Foto minibar

Beragam sajian di minibar memang menggoda untuk dicicipi, namun hasrat itu akan terhenti tatkala melihat harga yang tertera untuk sekaleng minuman bersoda yang minimal tiga kali lipat dari harga jual pasaran.

Agar tidak dirugikan oleh oknum hotel yang nakal, sebaiknya foto minibar sebelum meninggalkan kamar hotel. Karena siapa pun tidak akan mau jika mendadak ditagih padahal sama sekali tidak mengonsumsi apapun.

2. Minta waktu tambahan untuk check out

Saat tiba di hotel dan sebelum diantar ke kamar, sebaiknya minta ke resepsionis untuk menambhkan waktu checkout agar bisa membereskan barang bawaan dengan tertib. Biasanya petugas hotel akan memberikan waktu sekitar dua jam, dan itu sebenarnya lebih dari cukup.

3. Ambil foto terakhir

Demi mencegah hal yang tidak diinginkan seklaigus menghindari oknum yang ingin merugikan saat menginap di hotel, sebaiknya fotolah seluruh sudut kamar hotel. Selain sebagai langkah preventif, foto-foto itu bisa juga menjadi kenang-kenangan di suatu saat.

4. Cek ulang tagihan

Untuk memastikan tagihan sesuai dengan apa yang digunakan, sebaiknya cek ulang tagihan sebelum meninggalkan kamar. Namun agar tidak menganggu tamu lain saat mengecek ulang tagihan, sebaiknya lakukan di dalam kamar ketimbang di lobi. Mintalah petugas untuk datang ke kamar untuk mengantarkan tagihan untuk dicek ulang, dan jika sudah selesai memeriksa tagihan jangan lupa berikan tip kepada petugas itu. 

5. Pesan kendaraan untuk bepergian

Jika agenda selajutnya setelah bermalam di hotel adalah pulang ke rumah, ada baikya memesan kendaraan dari hotel agar tidak membuang banyak waktu di luar. Sembari menunggu kendaraan tiba, bersantai di lobi bisa menjadi hal yang menyenangkan ketimbang menunggu di tepi jalan. (agr/ard)