Ambisi China Bangun Lapangan Es Indoor Terbesar di Dunia

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/09/2018 20:07 WIB
Ambisi China Bangun Lapangan Es Indoor Terbesar di Dunia Harbin Wanda Indoor Ski and Winter Sports Resort. (WINTASTAR HOLDINGS PTE. LTD.)
Jakarta, CNN Indonesia -- "Surga" ski indoor dunia kini berpindah haluan ke jantung negri China, Shanghai.

Majid Al Futtaim yang merupakan pusat ritel besar berbasis di Dubai telah mengumumkan akan membantu pengembangan resor ski indoor terbesar dunia di Shanghai.

Harbin Wanda Indoor Ski and Winter Sports Resort akan menjadi langkah utama Majid Al Futtaim dalam rana pariwisata dan hiburan di luar Timur Tengah dan Afrika Utara.


"Kami yakin ini merupakan awal dari pencapaian baru ketika berbicara tentang fasilitas hiburan salju dalam ruangan," ujar Ahmed Galal Ismail, Pejabat Eksekutif Tertinggi dari divisi usaha Majid Al Futtaim, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Senin (17/9).

Taman salju yang kerap dijuluki Wintastar Shanghai ini akan memperlebar luasnya menjadi 90 ribu meter persegi, atau lebih dari tiga kali ukuran Ski Dubai, resor ski indoor terbesar di dunia yang juga terpilih sebagai 'Resor Ski Terbaik di Dunia' pada 2017 di World Ski Awards.

Harbin Wanda Indoor Ski and Winter Sports Resort yang berdiri di kota Harbin, China ini pertama kali dibuka pada tahun 2017 dengan luas sebesar 80.000 meter persegi.

Dan berkat bantuan dari Majid Al Futtaim, Wintastar Shanghai akan menampilkan tiga lereng ski terbaru, masing-masing dengan gradien berbeda yang diklaim lolos standar pelatihan olimpiade.

Di samping itu, 25 atraksi non-ski lainnya juga direncanakan akan berdiri di dalam resor ski ini.

Proyek renovasi akan dipimpin oleh KOP Limiter berbasis Singapura yang mengumumkan bahwa proyek dimulai pada 30 Agustus.

Tentunya waktu renovasi ini merupakan waktu yang tepat melihat Olimpiade Musim Dingin yang akan mengunjungi Beijing pada 2022, di mana untuk pertama kalinya China berperan sebagai tuan rumah bagi acara tersebut.

Walau pengembangan sudah sebegitu hebatnya, olahraga ski tercatat sebagai olahraga yang tak begitu diminati oleh penduduk China.

Menurut laporan White Paper 2017, hanya kurang dari 1 persen dari 1,38 miliar populasi China yang mengaku pernah mencoba olahraga ski setidaknya sekali.

Hal ini membangun upaya pemerintah untuk memperluas minat olahraga musim dingin seperti rencana pembangunan 600 gelanggang es dan mendorong sektor swasta membangun lebih banyak fasilitas.

Renovasi Shanghai Wintastar menjadi salah satunya.

Usaha-usaha ini dilangsungkan dengan target 300 juta warga China terlibat dalam Olimpiade Musim Dingin pada tahun 2025.

(fey/ard)