Pengganti Pasar Ikan Tsukiji Resmi Dibuka

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/09/2018 17:14 WIB
Meskipun sudah resmi dibuka, namun aktivitas di pasar Toyosu baru akan digulirkan pada tanggal 11 Oktober 2018. Aktivitas lelang ikan tuna. (Foto: AFP PHOTO / Kazuhiro NOGI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu paket perjalanan wisata ke Tokyo, Jepang adalah berkunjung ke Tsukiji. Tsujiki adalah sebuah pasar yang sudah melegenda, karena tempat ini laksana 'surganya' para pecinta protein hewani yang berasal dari lautan.

Di tempat ini wisatawan bisa melihat aktivitas pelelangan ikan tuna secara langsung, bahkan menyantap beragam jenis ikan yang ada di sana.

Namun pasar ini harus ditutup dan dipindahkan ke lokasi baru yang bernama Pasar Toyosu. Jarak dari Pasar Tsujiki ke Toyosu sekitar 2,3 kilometer. Pekan lalu, pasar ini resmi dibuka oleh Gubernur Tokyo Yuriko Koide.


Upacara pemotongan pita itu menandakan dibukanya pasar yang terletak di lokasi bekas pabrik gas, meskipun sejatinya aktivitas di pasar ini baru akan digulirkan pada tanggal 11 Oktober 2018.


"Pasar Toyosu aman, saya ingin mengatakan hal itu kepada seluruh penjual, pembeli dan konsumen," ujar Yuriko, seperti yang dikutip dari travel wire asia, Selasa (18/9).

Pasar Toyosu ditujukan untuk memperlancar operasional pasar, dengan menyediakan lebih banyak ruang dan infrastruktur yang modern.

Mengutip japan guide, pasar Toyosu mengelilingi Stasiun Shijo-mae di Yurikamome. Secara keseluruhan bangunan pasar Toyosu terdiri dari tiga gedung utama, dua bangunan untuk makanan laut dan satu untuk buah-buahan dan sayuran. Bangunan-bangunan itu terhubung dengan Stasiun Shijo-mae dan satu sama lain melalui trotoar yang ditinggikan.


Ketiga bangunan tersebut didesain secara khusus untuk para pengunjung agar dapat melihat aktivitas bisnis dari tempat yang aman, dan tidak menghalangi proses bisnis yang berujung terjadinya gesekan antara pekerja dan wisatawan seperti yang kerap terjadi di pasar Tsukuji.

Meskipun dipindahkan, sebagian besar restoran yang saat ini terletak di pasar dalam Tsukuji juga akan ikut pindah ke Pasar Toyosu dan akan tetap menyediakan makanan seafood segar bagi wisatawan pada tempat baru tersebut.

Selain itu, fasilitas tambahan untuk wisatawan juga akan dijadwalkan pada masa mendatang, seperti salah satunya adalah pemandian air panas, lebih banyak toko dan restoran, serta hotel.

Nantinya untuk masuk ke Pasar Toyosu tidak akan dikenakan biaya, bahkan pengunjung dapat menjelajahi area publik dengan bebas. Namun sampai saat ini, rincian mengenai jam operasional dan waktu lelangnya masih belum diumumkan.

(agr/ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK