Kota di Asia yang Tepat Dikunjungi saat Transit

tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/09/2018 10:13 WIB
Siem Reap, sebuah kota di barat laut Kamboja, meraih peringkat pertama dalam tujuan paling efisien dari bandara. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/M. Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Transit ketika bepergian dengan pesawat kerap menjadi aktivitas yang membosankan. Untuk melenyapkan kebosanan akibat menunggu, salah satu solusinya adalah mengunjungi kota terdekat untuk sekadar jalan-jalan atau belanja. Namun hal ini tak jarang berbuah masalah, khususnya ketika calon penumpang terlambat sampai bandara akibat durasi perjalanan yang lama. 

Tak jarang keterlambatan penerbangan disebabkan oleh jarak pusat kota dengan Bandara yang cukup jauh. Padahal waktu transit bisa diisi dengan berjalan-jalan ke kota.

Karena permasalahan tersebut sebuah platform pemesanan layanan perjalanan, merilis sebuah hasil survei yang mengungkap waktu perjalanan bandara di Asia ke kota sekitar.


Survei ini diharapkan dapat membantu wisatawan dalam mempertimbangkan kunjungan kota yang memungkinkan berdasarkan waktu tenggang transit yang dimiliki.


Dikutip dari Travel Wire Asia, Riset ini dilakukan terhadap 20 bandara yang merupakan tujuan terpopuler di Asia tahun 2008.

Survei dilakukan dengan menghitung berapa banyak waktu yang dihabiskan pada setiap rute perjalanan dari bandara ke kota pada Jumat malam, waktu yang dianggap sebagai jam sibuk dalam sepekan.

Perjalanan yang diteliti meliputi perjalanan dengan taksi, mobil pribadi, bus, hingga kereta.

Hasil survei ini menempatkan Siem Reap, sebuah kota di barat laut Kamboja, sebagai peringkat pertama dalam tujuan paling efisien dari bandara.


Lokasi yang berjarak 8,7 kilometer dari Bandara Internasional Siem Reap-Angkor ini, hanya butuh waktu sekitar 26 menit untuk mencapainya.

Posisi kedua ditempati oleh Kuala Lumpur. Ibu kota Malaysia ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit menggunakan KLIA Ekspres dari Bandara Internasional Kuala Lumpur.

KLIA Ekspres adalah layanan kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (KLIA 2) dan kota Kuala Lumpur melalui rute sepanjang 57 kilometer.

Kuala Lumpur merupakan salah satu kota di Asia yang menyediakan sistem angkutan umum terbaik, sehingga memungkinkan wisatawan mencapai setiap kota tujuan dalam waktu singkat.

Selain memiliki kota untuk kabur saat transit dalam waktu singkat, Asia juga memiliki sebaliknya seperti Ho Chi Minh, Cebu, dan Bali.

Berkat tingkat kemacetan yang tinggi dan kurangnya transportasi umum, perjalanan dari bandara ke tiga kota ini dapat menghabiskan waktu sampai satu jam padahal jaraknya kurang dari 15 kilometer.

Namun persoalan transportasi umum bukan menjadi faktor utama penyebab lamanya durasi perjaanan. Tokyo, yang terkenal akan sistem transportasi umumnya, juga menjadi salah satu kota yang masuk dalam dengan transit terlambat di Asia.

Perjalanan berjarak 75 kilometer ke pusat kota dari Bandara Internasional Narita, Jepang, dengan kereta ekspres bandara bisa memakan waktu sampai 100 menit.

(agr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK