Menuju Tempat Terdalam dan Tertinggi di Tanah Maluku

tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 09:37 WIB
Menuju Tempat Terdalam dan Tertinggi di Tanah Maluku Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai negeri yang terletak di antara tiga lempeng tektonik besar, Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik, Indonesia adaah gudangnya tempat menawan yang alami. Salah satunya berada di bagian timur Indonesia, yaitu provinsi Maluku.

Tempat yang dimaksud adalah Taman Nasional Manusela. Kawasan ini adalah konservasi dengan luas sekitar 189 ribu Hektare. Luas kawasan ini hampir meliputi 75 persen dari Kabupaten Maluku Tengah.

Taman Nasional Manusela merupakan gabungan dari dua cagar alam, yaitu Wae Nua dan Wae Mual beserta seluruh perluasan wilayahnya.


Untuk menuju Taman Nasional Manusela dapat dicapai melalui pantai Utara yaitu Sawai dan Wahai, atau melalui pantai Selatan yakni Yaputih dan Moso di kecamatan Tehoru.

Di tempat ini banyak lokasi yang bisa dieksplorasi, mulai dair gunung hingga laut. Khusus bagi para pecandu adrenalin, dua objek yang menantang nyali adalah Gunung Binaya dan Gua Hatu Saka.

Bagi para pencinta kegiatan pendakian, Gunung Binaiya merupakan salah satu 'mimpi basah' yang sebaiknya tidak ditunda.

Gunung tertinggi di Maluku ini berdiri menjulang sekitar 3.027 meter di atas permukaan laut.

[Gambas:Instagram]

Akses menuju rute normal pendakian kepuncaknya bisa dimulai dari sisi utara yaitu desa Kanike dan dari sisi selatan yaitu desa Piliana

Sementara itu, Gua Hatu Saka belum lama ini resmi mendapat predikat sebagai gua terdalam di Indonesia seteah sebuah ekspedisi menuruni gua ini berhasil dilakukan.

[Gambas:Instagram]

Hatu Saka memiliki diameter sekitar 100 meter dan kedalaman sekitar 424 meter.

Mengutip situs resmi Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, gua yang berada di bagian utara pulau Seram ini, tepatnya di Negeri Saleman, pertama kali dijelajahi dan dipetakan oleh tim ekspedisi goa gabungan dari Amerika, Inggris, Perancis dan Australia pada tahun 1996. Namun upaya pertama mencapai dasar goa saat itu gagal.

Untuk mencapai Taman Nasional Manusela, perjalanan bisa ditempuh lewat dua rute. Rute pertama adalah pantai utara yang dimulai dari Ambon ke Saleman-Wahai dapat ditempuh dengan menggunakan kapal motor yang memakan waktu 24 jam.

Kapal motor ini memiliki jadwal perjalanan tiga kali seminggu. Perjalanan dari Wahai ke lokasi taman nasional dapat ditempuh dengan jalan kaki.

Lewat pantai selatan, Taman Nasional Manusela bisa ditempuh melalui kota Ambon ke Tehoru-Saunulu-Mosso dengan kapal motor yang memakan waktu sembilan jam. Jadwal kapal motor berjalan adalah empat kali dalam seminggu. Perjalanan selanjutnya ke lokasi taman nasional hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki. (agr/ard)