5 Tips Mata Tetap Sehat saat Menonton Drama Korea

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 23/09/2018 11:32 WIB
5 Tips Mata Tetap Sehat saat Menonton Drama Korea Ilustrasi (Pavlofox/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menonton serial di Netflix, Viu, atau drama Korea kerap membuat orang terpaku pada layar monitor serta ponsel dalam waktu lama. Tak terasa, waktu pun habis untuk menatap layar.

Lama waktu yang dihabiskan itu secara perlahan membuat mata jadi tak nyaman. Ahli kesehatan mata dari RS Ciptomangunkusumo, dr Astrianda N Suryono menyebut, terlalu lama menatap layar bakal membuat mata terasa lelah. Kondisi itu berujung pada mata yang kering.

Mata kering terjadi ketika mata tak menghasilkan air. Hal itu bisa berdampak pada beberapa hal, mulai dari rasa perih hingga penglihatan kabur. Jika tak diatas, kondisi itu bisa menyebabkan peradangan di bagian kornea.


Memang, menatap layar dalam waktu lama tak bisa dilepaskan dari zaman kiwari. Segala yang diperlukan bisa dilihat dalam layar. Namun, bukan berarti hal itu harus membuat Anda merugi akibat mata yang kering.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mata tetap aman saat Anda menonton drama kesayangan atau bermain gim favorit.

1. Perhatikan jarak

Ada rumus yang perlu diperhatikan saat memelototi layar televisi. Rumus itu digunakan untuk menghitung jarak ideal dengan layar.

Seseorang perlu mengambil jarak lima kali diagonal televisi. Misalnya, jika televisi Anda berukuran 20 inci, maka jarak ideal antara mata dan layar adalah 2,54 meter.

Sementara jarak menonton televisi kudu menggunakan rumus-rumus tertentu, tidak dengan layar komputer. Anda bisa mengukur jarak ideal antara mata dan layar komputer sebanyak 25-30 sentimeter.

2. Beri jeda

Tontonan yang mengasyikkan atau gim yang menyenangkan akan membuat mata lelah. Apalagi jika jarak antara mata dengan layar terlampau dekat. Hal itu akan membuat otot-otot mata harus bekerja keras demi menampilkan objek dengan jelas.

Jika sudah begitu, perlu adanya jeda istirahat di tengah aktivitas depan layar Anda. "Beri jeda setelah 1-2 jam menatap layar. Lihat objek yang jauh agar otot-otot mata berelaksasi," ujar wanita yang akrab disapa Tria ini di sela-sela peluncuran produk Zeiss di Morrisey Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/9).


3. Nutrisi seimbang buat mata

Apa nutrisi terbaik buat mata? Pertanyaan ini kerap muncul saat bicara soal kesehatan mata. Umumnya, jawaban yang muncul adalah vitamin A. Namun, kini orang juga meyakini bahwa vitamin C turut andil besar menjaga kesehatan mata. Lalu, mana yang benar?

Tria mengatakan bahwa nutrisi seimbang perlu diperhatikan demi kesehatan mata. Informasi seputar keampuhan vitamin A untuk mata, kata dia, beredar berkat penyakit trakoma yang sempat booming. Trakoma merupakan radang pada konjungtiva mata. Asupan vitamin A yang cukup berkontribusi mencegah penyakit ini.

4. Jaga asupan air

Air memiliki peranan penting bagi fungsi organ tubuh, termasuk mata. Asupan air yang cukup untuk tubuh akan membantu selaput lendir mata tetap lembap, sehingga mencegah kondisi mata kering.

5. Berkedip lebih banyak

Berkedip tak sekadar menghalau kotoran atau debu yang masuk ke mata, tapi juga untuk menjaga mata tetap sehat saat sedang menatap layar.

Berkedip membuat kornea terus dialiri air mata, sehingga sel kornea ternutrisi dan melindunginya dari lingkungan luar.

Selain itu, berkedip juga dapat menyebarkan air pada seluruh permukaan mata, sehingga cahaya yang masuk dapat diteruskan tanpa mengalami gangguan. (els)


BACA JUGA