FOTO: Peragaan Tunggal Perdana 10 Tahun Sapto Djojokartiko

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 16:16 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Desainer Sapto Djojokartiko akhirnya menggelar peragaan busana tunggal perdana setelah 10 tahun berkarya di industri mode Indonesia.

Perancang Sapto Djojokartiko menggelar peragaan busana tunggal pertama di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (20/9). Sapto mengeluarkan koleksi siap pakai untuk Spring/Summer 2019 dari label saptodjojokartiko. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Peragaan tunggal ini sekaligus merayakan 10 tahun karier Sapto di dunia mode Indonesia diawali dengan label saptodjodjokartiko pada 2007 lalu. Sepanjang kariernya, Sapto terkenal lewat desain yang terinspirasi budaya dan dikemas dengan modern. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Termasuk koleksi siap pakai Spring/Summer 2019 yang mengangkat budaya manusia dengan teknologi yang terinspirasi dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). (CNNIndonesia/Safir Makki)
Artificial intelligence itu dibuat dengan menampilkan printed circuit board (PCB) dalam teknik bordir embroidery dan patchwork sehingga memberikan kesan timbul pada pakaian. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Sapto banyak menggunakan motif dan hiasan yang modern dan kental dengan unsur street style. Terlihat dari motif arsitektur, kerajinan, robot, dan kehidupan manusia. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Motif unik ini terlihat dalam hampir 70 tampilan busana pria dan wanita yang dipamerkan Sapto untuk Spring/Summer 2019. Koleksi ini memiliki rentang busana yang beragam mulai dari pakaian hari-hari yang santai dan formal hingga gaun malam nan elegan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pada pakaian hari-hari, Sapto memadukan celana, atasan dan luaran dengan warna yang senada. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Sedangkan untuk gaun malam, Sapto banyak bermain dengan bahan yang elegan dan garis desain yang tegas dan bervolume. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Palet warna-warna lembut dan kontemporer seperti abu-abu, gading, dan hitam dituangkan pada kain katun dan fleece. Gabungan warna dan kain ini memberikan sentuhan organik yang ingin ditonjolkan Sapto. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Sapto mengkombinasikan busana itu dengan ragam aksesori yang kekinian seperti tas tangan dan sepatu sandal. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Show Sapto ditutup dengan parade 40 model dengan payung transparan menyusuri balkon Istora Senayan di sisi selatan yang langsung disinari matahari pagi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Usai peragaan tunggal perdana ini, Sapto mengaku bakal rutin menghelat pagelaran busana setiap tahunnya untuk memamerkan koleksi terbaru dari saptodjojokartiko. (CNNIndonesia/Safir Makki)