Ahli Marketing Puji Menpar Raih Best Ministry of Tourism

Kemenpar, CNN Indonesia | Sabtu, 22/09/2018 17:20 WIB
Ahli Marketing Puji Menpar Raih Best Ministry of Tourism Menpar Arief Yahya mendapatkan apresiasi dari ahli Ahli Marketing Hermawan Katajaya atas kinerjanya di Kementerian Pariwisata. (Dok. Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mendapatkan penghargaan sebagai Best Ministry of Tourism di Asia Pasifik, Menteri Pariwisata Arief Yahya mendapat pujian dari marketing senior Hermawan Kartajaya.

"Saya salut dengan komitmen Presiden Jokowi dan Pak Menpar Arief Yahya. Kalau pemimpin negara seperti ini, saya yakin pariwisata Indonesia akan maju bersama masyarakatnya," kata Hermawan dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9).

"Belum ada Menteri Pariwisata Indonesia yang berhasil membuat pembaca peserta voting percaya dan memilih Indonesia. Artinya semua melihat hasil kerja nyata Menteri Pariwisata yang telah mendongkrak pariwisata Indonesia," imbuh tokoh yang disebut-sebut sebagai guru marketing dunia itu.



Hermawan mengungkap, penghargaan ini penting didapat karena dapat menaikkan status pariwisata Indonesia ke mata dunia.

"Award begitu penting bagi karena itu menaikkan 3C yakni confidence, credibility, dan calibration," ungkap Hermawan.

Hermawan mengatakan di World Economic Forum (WEF), Wonderful Indonesia melesat 8 level ke peringkat 42 di Travel and Tourism Competitive Index (TTCI).

Popularitas brand Wonderful Indonesia juga melonjak dari status tidak tercatat menjadi ranking 47 dunia mengalahkan Truly Asia (Malaysia) dan Amazing (Thailand) masing-masing berada di posisi 83 dan 97 dunia.


Wonderful Indonesia juga menjadi Top-20 Fastest Growing Tourism Industry in the World. Dia juga memaparkan data kunjungan wisman ke Indonesia yang tumbuh 22%. Angkanya naik 3 kali lipat dibanding rata-rata pertumbuhan dunia (6%), dan regional Asia Tenggara (7%).

"Berbagai penghargaan internasional yang diterima Kemenpar merupakan bukti kapasitas Arief Yahya sebagai marketing dan sekaligus doctor strategic marketing. Seluruh elemen pariwisata Indonesia diajak fokus untuk menentukan langkah memenangkan pertarungan tingkat dunia," ujar Hermawan.

Raihan prestasi yang didapat Kementerian Pariwisata selama ini, menurut Hermawan, karena ada strategi dari Arief Yahya sebagai nahkodanya. 
"Ahli strategi perang asal China yang terkenal Sun Tzu mengatakan, kemenangan itu direncanakan. Karenanya, pemenang itu memenangkan peperangan sebelum berperang. Sedangkan pecundang baru merencanakan kemenangan ketika masuk dalam peperangan," pungkasnya. (mle/egp)