Pongki Barata Berbagi Suka Duka Menjadi Musisi

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 22/09/2018 21:42 WIB
Pongki Barata Berbagi Suka Duka Menjadi Musisi Selain Pongki, cara 1 Hari 3 Ilmu kali ini juga menghadirkan Pemimpin Redaksi CNNIndonesia.com Yoko Sari, dan Co-founder Warunk Upnormal Hendra Noviyanto. (CNN Indonesia)
Yogyakarta, CNN Indonesia -- Musisi Pongki Barata tampil menjadi salah satu pembicara dalam acara 1 Hari 3 Ilmu yang digelar CNNIndonesia.com di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Sabtu (20/9).

Pria asal Yogyakarta ini pernah menjadi vokalis sekaligus gitaris dari band Jikustik yang berdiri di tahun 1996. Kemudian di tahun 2007, ia juga tergabung dalam band The Dance Company.

Di hadapan anak muda Yogyakarta, Pongki bercerita soal pengalaman hidupnya selama menjadi musisi, mulai dari tantangan hingga suka dukanya.


Menurut pencipta lagu Setia ini, selama berkarir sebagai musisi, dirinya juga mengalami bagaimana perubahan industri musik di Indonesia.

Misalnya saja, soal penjualan kaset ataupun CD yang dulu booming di awal tahun 2000an, lalu dengan berkembangnya era digital, penjualan kaset ataupun CD turun dan beralih ke digital.
"Tapi digital itu juga enggak terlalu nguntungin, karena yang denger enggak dari seluruh dunia, uangnya tetap lebih gede kalau manggung," tuturnya.

Kendati demikian, pencipta lagu Seperti yang Kau Minta yang dipopulerkan oleh Chrisye ini menyebut tak ada yang salah dengan menjadi musisi.

"Kalau itu passion kenapa enggak," kata Pongki.

Pongki pun memberikan pesan kepada para peserta 1 Hari 3 Ilmu untuk tak perlu takut dalam menjalankan suatu hal yang memang menjadi minat mereka.

Namun, dalam memperjuangkan minat itu, sambung Pongki, harus ada target yang dijadikan sebagai tujuan.

"Target enggak perlu langsung tinggi, mulai dari rendah dulu. Tapi harus ada target, nanti kalau yang rendah udah tercapai lanjut ke yang lebih tinggi," kata pemilik album solo bertajuk Barata Meets The Stars ini.

Rani, seorang mahasiswa Universitas Sanata Dharma, menyampaikan cerita Pongki yang disampaikan do acara 1 Hari 3 Ilmu tersebut mampu menginspirasinya untuk tidak takut dalam mewujudkan cita-citanya.
"Ya tadi dari Mas Pongki jadi belajar kalau enggak perlu takut buat wujudin cita-cita, yang penting yakin," ujar Rani.

Mahasiswa Universitas Sanata Dharma lainnya, Sita, juga mengaku terinspirasi dengan pengalaman dan motivasi yang disampaikan oleh Pongki.

"Insipiratif pokoknya, apalagi aku juga suka dunia musik, jadi punya gambaran soal karir di dunia musik," katanya.

Sita pun mengaku sangat menikmati penampilan Pongki di akhir acara 1 Hari 3 Ilmu. Pongki sempat membawakan tiga lagu hitsnya yakni Seperti yang Kau Minta, Setia, dan Papa Rock n Roll.

"Seru banget, apalagi lagu-lagu yang dibawain bikin ikutan nyanyi," ujar Sita.

Selain Pongki, cara 1 Hari 3 Ilmu kali ini juga menghadirkan Pemimpin Redaksi CNNIndonesia.com Yoko Sari, dan Co-founder Warunk Upnormal Hendra Noviyanto.

CNNIndonesia.com akan kembali menggelar acara 1 Hari 3 Ilmu di kota lainnya, yakni di Semarang di Universitas Semarang pada 30 Oktober dan Jakarta di Universitas Negeri Jakarta pada November mendatang. (dis/stu)