Saran Menpar untuk GenWI di Selandia Baru

CNN Indonesia | Senin, 24/09/2018 17:55 WIB
Saran Menpar untuk GenWI di Selandia Baru GenWI Selandia Baru/ Foto: Dok Kemenpar
Jakarta, CNN Indonesia -- Promosi pariwisata Indonesia di Selandia Baru bakal semakin masif dengan hadirnya Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) yang resmi berdiri di Auckland, Selandia Baru.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berpesan agar GenWI Selandia Baru dapat mempromosikan wisata dengan cara kreatif dan efektif.

Arief menyambut baik hadirnya GenWI Selandia Baru karena menurutnya, promosi pariwisata Indonesia bisa bergerak cepat dengan hadirnya GenWI. Ia menyarankan GenWI dapat mempromosikan wisata Indonesia dengan cara efektif seperti media sosial di Selandia Baru.


"GenWI kita harapkan menyiapkan cara yang efektif untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia. Cara yang mampu langsung diterima masyarakat setempat. Misalnya dengan platform media sosial yang sedang hits di Selandia Baru," papar Arief dalam keterangan tertulis, Senin (24/9/2018).


Namun, Arief mengingatkan agar GenWI tetap memperhatikan unsur 2C yaitu Creative Value dan Commercial Value.

"Bikinlah sesuatu yang kreatif yang bisa menarik perhatian dan temukan juga nilai komersial yang bisa dimanfaatkan. Setelah itu, manfaatkan media sosial yang sedang hits di Selandia Baru untuk sarana promosi. Insya Allah bisa berdampak buat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Selandia Baru ke Indonesia," harapnya.

Sedangkan Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata Don Kardono memaparkan, tugas GenWI Selandia Baru sama seperti GenWI lainnya.

"Ada tiga hal yang diangkat. Pertama adalah destinasi wisata, kemudian Calendar of Event Kementerian Pariwisata, dan kebijakan kepariwisataan," paparnya.

Don menambahkan, jika GenPI atau Generasi Pesona Indonesia adalah komunitas anak-anak muda yang berada di Nusantara, maka GenWI berada di Mancanegara.

"Tapi tugas mereka tidak jauh berbeda. Sama-sama memviralkan Indonesia melalui Pariwisata, yang selanjutnya akan mendorong Perdagangan dan Investasi.

Oleh sebab itu, GenWI Selandia Baru juga memiliki tugas untuk memperkenalkan destinasi-destinasi prioritas Indonesia.

"GenWI harus memperkuat promosi destinasi Indonesia. Terutama destinasi prioritas. Goalnya, agar target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terpenuhi. Yaitu 17 juta wisman di tahun 2018 dan 20 juta wisman untuk 2019," paparnya.

Genwi Selandia Baru diresmikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya di Auckland, Sabtu (22/9/2018).

"Saya meresmikan langsung pembentukan GenWI Chapter Selandia Baru. Mereka akan membantu Kementerian Pariwisata dalam mempromosikan pariwisata Indonesia di Selandia Baru," papar Tantowi pada akun IG miliknya, @tantowiyahyaofficial.

Menurut Tantowi, GenWI hadir disaat yang tepat karena dunia sudah dikuasai era digital, jadi dibutuhkan generasi digital juga untuk menghadapinya.

"Pembentukan ini ide yang bagus. Ide yang cemerlang dan relevan. Waktunya juga tepat. Kita sudah memasuki era kita digital. Jadi, memperkenalkan Wonderful Indonesia juga harus dengan cara digital. Dan dengan generasi digital," kata Tantowi.


Dijelaskannya, GenWI akan menyebarkan berita dan informasi mengenai pariwisata Indonesia ke masyarakat setempat melalui media sosial.

"Dengan terbantuknya GenWI, kita berharap kunjungan wisatawan asal Selandia Baru bisa meningkat tajam," harap Tantowi yang tenar lewat kuis Gita Remaja.

Sebelum di Selandia Baru, GenWI sudah berdiri di banyak negara, seperti India, Filipina, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Malaysia, dan Singapura. (egp/stu)