Tempat Ideal Melihat Kehidupan Alam Liar di Indonesia

tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/09/2018 12:56 WIB
Tempat Ideal Melihat Kehidupan Alam Liar di Indonesia Danau Gunung Tujuh di Taman Nasional Kerinci Seblat. (Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehidupan alam liar memang selalu mengundang decak kagum bagi siapapun yang berada di dalamnya. Beruntungnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang dianugerahi pesona alam liar tak terbantahkan. Tidak sedikit satwa dan tumbuhan yang hidup 'nyaman' di Indonesia.

Namun tidak semua daerah di Indonesia memberikan kesempatan bagi warganya untuk menikmati kehidupan alam liar, hanya segelintir saja yang masih memiliki 'kemewahan' itu. Mengutip dari culture trip, berikut adalah beberapa kawasan yang bisa menjadi tujuan untuk menikmati kehidupan alam liar.


Taman Nasional Kerinci Seblat


Rumah bagi gunung tertinggi di pulau Sumatera ini merupakan kawasan yang mewadahi beragam flora dan fauna yang menguncang decak kagum. Bunga Raflesia Arnoldi timbuh liar di tempat ini, selain itu badak, gajah, dan harimau sumatera juga masih bisa ditemui di Taman Nasional Kerinci Seblat.

Taman Nasional Way Kambas

Sebagai salah satu kawasan konservasi alam tertua di Indonesia, Taman Nasional Way Kambas menjadi perlindungan terakhir bagi kawanan gajah dan badak. Bahkan, kawasan seluas 1.300 hektare ini menjadi lokasi favorit bagi para pengamat burung di alam liar.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Banten. Badak bercula satu menjadi satwa andalan di tempat ini, namun hanya pengunjung yang 'beruntung' saja yang bisa bertemu dengannya. Di tempat ini banyak pulau-pulau kecil yang menjadi tujuan bagi para penyelam dan peselancar, untuk menikmati pesonanya.


Taman Nasional Baluran

Jika ingin 'merasakan' bersafari di Afrika, maka cukup kunjungi Taman Nasional Baluran di Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Pengunjung dapat melihat beragam satwa seperti banteng, kerbau air, monyet, dan burung merak di kawsan seluas 25 ribu hektare ini.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah. Di kawasan seluas 415 hektare ini, setiap orang memiliki kesempatan untuk melihat satwa liar seperti orang utan, ular piton, hingga tumbuhan tropis.

Tak hanya menyaksikan keanekaragaman hayati, para pengunjung yang datang ke Taman Nasional Tanjung Puting juga memiiki kesempatan untuk terlibat dalam program konservasi orang utan.

Taman Nasional Komodo

Seperti namanya, Taman Nasional Komodo adalah kampungnya reptil purba berukuran raksasa yakni komodo. Selain itu, Taman Nasional yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga memiliki pesona bawah laut yang memukau. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke tempat ini untuk memuaskan hasrat menyelamnya.

(agr)