Kisah 'Tempat Bersembunyi' Terbaik di Asia

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/09/2018 20:19 WIB
Kisah 'Tempat Bersembunyi' Terbaik di Asia Ilustrasi. (Foto: Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum sebuah tempat menjadi ramai dan komersil, biasanya hanya ada segelintir orang dengan nyali dan tekad besar untuk mencapai tempat tersebut. Usai dokumentasi perjalanan ke tempat tersebut beredar di media sosial, maka mengalirlah wisatawan dengan berbagai kepentingan.

Hal ini juga diprediksi akan 'mengancam' Pho Quoc, sebuah pulau yang menjadi lokasi untuk 'bersembunyi' segelintir orang dengan tujuan menikmati dan terkoneksi dengan alam.

Pulau seluas 574 kilometer ini memiliki pantai sepanjang 20 kilometer, yang menjadi atraksi wisata utama di Vietnam.


"Pho Quoc adalah salah satu kawasan di Vietnam yang sektor pariwisatanya berkembang dengan cepat. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Vietnam," ujar Piero Belizi, Manajer utama sebuah hotel di Phu Quoc, seperti yang dikutip dari South China Morning Post, Selasa (25/9).

Menurut data administrasi pariwisata di Vietnam, jumlah kamar di Phu Quoc tahun 2014 berjumlah 1.500.

Namun angka itu berkembang dengan pesat. Pada tahun 2017, jumlah kamar di pulau tersebut sudah mencapai 10 ribu dan kedatangan sekitar 1,96 juta wisatawan.

Namun peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke pulau Phu Quoc, rupanya membuat beberapa pihak ketakutan.

Hal ini terkait kerusakan alam dan habitat yang sedang mengintai.

"Sanggraloka (resort) berskala besar, kasino, kereta kabel, dan segala fasilitas hiburan di pulau ini memang tergolong sukses mendongkrak pariwisata dalam jangka pendek. Namun sebaiknya mulai memikirkan pariwisata berkelanjutan, untuk menjaga pulau ini agar tetap menjadi tujuan utama," ujar Atilla Mesut Erda, manajer operasional salah satu pusat spa di Phu Quoc.

Karena situasi tersebut, tak banyak wisatawan yang mencari tempat baru di Phu Quoc untuk menghindari ekspansi wisata di kawasan pesisir utara dan timur.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati Phu Quoc adalah menunggangi sepeda motor, dan pergi ke kawasan taman nasional untuk mengeksplorasi flora dan fauna di tempat tersebut.

Selain itu, menaiki kayak di kawasan taman nasional juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati hidup di sana. Bahkan Phu Quoc dan 27 pulau di sekitarnya, menjadi lokasi ideal untuk snorkeling dan menyelam.

Untuk mencapai tempat ini, wisatawan bisa menggunakan pesawat dari kota Ho Chi Minh menuju bandara internasional Phu Quoc. Selain itu, bisa juga menggunakan kapal feri dari Ha Tien.

(agr/ard)