FOTO: Perseteruan Gajah di Dak Lak

AFP PHOTO, CNN Indonesia | Kamis, 27/09/2018 12:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dak Lak adalah sebuah provinsi di Vietnam, yang sebagian besar kawasannya dihuni oleh gajah, baik peliharaan maupun yang liar.

Akhir-akhir ini, pekerjaan menjaga pelestarian kawanan gajah di daerah Provinsi Dak Lak menghadapi banyak kesulitan. (AFP PHOTO / Thanh Nguyen dan Bao Uyen)  
Menurunnya luas lahan dan kualitas hutan, turut ‘membantu’ kelangkaan sumber pakan untuk kawanan gajah liar di Dak Lak. Kawasan gajah itu pun merangsek memasuki desa untuk mencari makan. (AFP PHOTO / Thanh Nguyen dan Bao Uyen)  
Mulai tahun 2012, setidaknya ada 10 ekor gajah peliharaan manusia yang mati di Dak Lak. Alasan utamanya hanya dua, karena tua atau diserang oleh gajah liar. (AFP PHOTO / Thanh Nguyen dan Bao Uyen)    
Tidak sedikit gajah liar yang muncul dan merusak kawasan-kawasan produksi warga dan badan usaha. (AFP PHOTO / Thanh Nguyen dan Bao Uyen)    
Hal ini menimbulkan kerugian warga secara ekonomi, karena kawasanan gajah liar itu merusak perkebunan, rumah, dan harta benda. Bahkan ada juga yang sampai mengancam nyawa. (AFP PHOTO / Thanh Nguyen dan Bao Uyen)  
Berdasarkan data Pusat Pelestarian Gajah Provinsi Dak Lak, kira-kira ada lima kawanan gajah liar dengan jumlah berkisar antara 80 sampai 100 ekor. (AFP PHOTO / Thanh Nguyen dan Bao Uyen)    
Untuk mengatasinya, Provinsi Dak Lak menggelarkan proyek darurat tentang pelestarian gajah pada tahun 2014. (AFP PHOTO / Thanh Nguyen dan Bao Uyen)  
Pemerintah Provinsi Dak Lak pun membuat mekanisme koordinasi antara badan-badan usaha dan warga, untuk melestarikan lingkungan hidup bagi kawanan gajah liar. (AFP PHOTO / Thanh Nguyen dan Bao Uyen)    
Rencananya, pada tahun 2020 Provinsi Dak Lak akan merancang area pelestarian populasi gajah liar seluas 175 ribu hektare. Sedangkan area untuk gajah peliaraan manusia, sekitar 350 hektare. (AFP PHOTO / Thanh Nguyen dan Bao Uyen)