5 Kuliner Hit Dalam Film

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/09/2018 12:52 WIB
5 Kuliner Hit Dalam Film Film kerap kali menyajikan antusiasme terhadap kuliner sebagai bumbu utamanya, seperti yang pernah dilakukan 'Filosofi Kopi'. (Dok. Visinema)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuliner kembali diangkat ke layar lebar lewat film Aruna & Lidahnya. Film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini berkisah tentang perburuan kuliner khas Indonesia. Sajian nikmat dari Surabaya, Pontianak, Pamekasan, Singkawang, dan Jakarta tampil di film ini.

Film yang baru saja tayang di bioskop ini membuat kuliner kembali jadi perbincangan. Namun, jauh sebelum Aruna dan Lidahnya, terdapat beberapa hidangan yang disoroti dalam film, bahkan ikut populer karenanya.

Berikut lima kuliner hit yang sebelumnya masuk dalam film-film Indonesia:


1. Kopi - Filosofi Kopi
Film Filosopi Kopi (2015) dan Filosofi Kopi 2: Ben & Jody (2017) berhasil membuat kopi Indonesia beserta kedai kopi tenar. Film yang dibintang Chicco Jeriko dan Rio Dewanto ini menampilkan proses meracik biji kopi mulai dari pengolahan biji hingga penyajian kopi demi mendapatkan kenikmatan yang sempurna.
Seperti namanya, Filosofi Kopi juga memadukan proses pencarian filosofi diri lewat rasa dan aroma kopi yang dihasilkan.

Kehadiran film ini tak bisa dippungkiri memang berbarengan dengan naik daunnya budaya ngopi di kalangan anak muda di seluruh dunia.

2. Sate Klathak - Ada Apa Dengan Cinta 2 
Cinta dan Rangga mengajak penonton bernostalgia dengan mengunjungi sejumlah tempat dalam AADC 2 (2016), termasuk beberapa lokasi kulineran. Salah satu yang terkenal dan membekas dalam benak penonton adalah Sate Klathak Pak Bari di Bantul.

Setelah muncul dalam AADC 2, popularitas sate klathak ini kian menanjak. Warung sate ini langsung diserbu oleh para pelanggan tidak hanya di sekitar Yogyakarta, tapi juga para wisatawan.

3. Kerupuk - Dilan 1990
Film Dilan 1990 (2017) membuat kerupuk putih jadi perbincangan. Adegan gombal Dilan yang meminta Milea membagi dua kerupuknya untuk makan malam membuat penonton baper dan gemas.

"Diawet-awet ya. Sisanya buat nanti makan malam. Bu, minta kantong plastik ya," kata Dilan yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan itu.

Milea lantas membagi dua kerupuk itu. Dia memakan setengahnya dengan bakso dan sisanya di makan di rumah sambil tersipu-sipu. Adekan kerupuk ini banyak bertebaran di media sosial menjadi meme.
4. Gulai Kepala Ikan - Tabula Rasa
Tabula Rasa (2014) mengangkat masakan Padang di rumah makan Takana Juo. Film itu bercerita mengenai perjuangan Emak membuat gulai kepala ikan. Bumbu-bumbu terbaik untuk meracik gulai kepala ikan kakap pun tampil dalam film ini.

Gulai kepala ikan berhasil dibuat dengan menggiurkan dan membuat penonton penasaran.

5. Sate Madura - Sundel Bolong 
Adekan ikonis Suzanna dalam film horor Sundel Bolong (1981) seakan tak lekang oleh waktu. Adegan memesan sate Madura 200 tusuk itu masih lekat di benak masyarakat hingga saat ini.

Dalam adegan legendaris ini, sundel bolong yang diperankan Suzanna menghampiri penjual sate madura dan soto yang sedang terlelap tidur. Dia langsung meminta sate 200 tusuk dan menghabiskannya dalam sekejap. Setelah itu, Suzanna juga meminta soto lengkap dengan pancinya. (ptj/stu)


ARTIKEL TERKAIT