Gowes Tour De Borobudur 2018 Akan Lintasi Tol Semarang-Batang

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/09/2018 16:41 WIB
Gowes Tour De Borobudur 2018 Akan Lintasi Tol Semarang-Batang Suasana acara Gowes Tour De Borobudur pada tahun 2017. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalan Tol Semarang-Batang akan dilintasi ribuan pecinta sepeda yang menjadi peserta Tour De Borobudur (TDB) XVIII pada 3-4 November 2018.

Di ruas tol Semarang-Batang, para bikers akan melewati jarak sejauh 35 Kilometer yang mulai masuk di jalan Pantura Weleri.

Sebelum menuju arah Semarang, peserta TDB akan diberikan tempat istirahat atau pit stop di Jembatan Plengkung Kalikuto, yang sempat viral pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.


"Tahun ini, rute TDB akan kita lewatkan tol Semarang-Batang, sebelum diresmikan pada pertengahan November. Di ruas itu, kita ambil hanya sejarak 35 kilo, dan membuat pit stop di Jembatan Kalikuto. Kita sudah lakukan kordinasi dengan pihak PT. Jasa Marga Semarang-Batang (JSB) selaku pengelola proyek", ungkap Pelaksana Kegiatan Hendra Darmanto pada Kamis (27/9).

Tak berbeda dari tahun sebelumnya, TDB tetap mengangkat konsep wisata dan olahraga, sehingga selain melintasi tol Semarang-Batang, rute TDB XVIII juga akan melintasi beberapa kawasan wisata seperti Klenteng Sam Poo Kong, Goa Kreo, Perkebunan Plantera Kendal, Perkebunan Ngobo, Rawa Pening, Kopeng serta beberapa desa wisata.

"Konsep kita tetap sport and tourism, jadi pasti ada rute yang melintasi kawasan wisata. Yang jelas di Semarang itu lewat Klenteng Sam Poo Kong dan Goa Kreo, di Kendal lewat Perkebunan Plantera dan di Salatiga lewat Kopeng dan Rawa Pening," tambah Hendra.

Sejak pendaftaran dibuka pada dua pekan lalu, sudah tercatat sebanyak 900 peserta.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istri Siti Atikoh kembali ikut serta menjadi peserta gowesajang gowes ini.

Untuk pendaftaran, panitia menggunakan sistem online lewat event.sambabikers.com yang akan dibuka hingga akhir Oktober 2018.

(dmr/ard)