REKOMENDASI KULINER

Campur-campur Makanan Sehat Sesuka Hati

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/09/2018 15:45 WIB
Campur-campur Makanan Sehat Sesuka Hati Ragam menu sehat di Fedwell, Jakarta. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsep makanan sehat biasanya identik dengan sayur-sayuran dan rasa yang hambar juga membosankan. Namun, tawaran mencampur makanan sehat sesuka hati dari Fedwell bisa menjadi salah satu pilihan.

Aneka hidangan bernutrisi karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, dan serat yang berasal dari sumber organik dan hidroponik tersedia di gerai makan ini. Pelanggan bisa meracik dan memadukan sendiri 38 hidangan yang tersedia ke dalam mangkuknya.

Untuk memudahkan pilihan, Fedwell membagi 38 menu itu dalam kelompok base/makanan pokok, protein, topping, crunch, dan saus.


Sepaket porsi reguler terdiri dari satu macam makanan pokok, satu protein, tiga topping, satu crunch, dan satu saus. Rata-rata satu mangkuk terdiri dari 400-600 kalori.


Ada beberapa pilihan makanan pokok seperti gigli pasta, sayuran hijau, campuran biji gandum dan beras merah, tabbouleh (salad Timur Tengah), dan ubi.

"Karena orang Indonesia belum bisa lepas dari nasi, kami sediakan beras merah dan biji gandum. Jadi tetap dapat rasa makan nasi dengan nutrisi yang lebih sehat," ujar Chef Consultant Fedwell, Renatta Moelek saat peluncuran konsep 'warteg sehat' Fedwell di Jakarta, Rabu (26/9).

Sementara untuk menu protein, Fedwell menyediakan ayam, daging, salmon, dan dori.

Ragam menu sehat di Fedwell.Ragam menu sehat di Fedwell. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Untuk mendapatkan rasa yang nikmat, Fedwell meracik khusus menu-menu proteinnya. Misalnya saja cairan dalam daging yang dikeluarkan terlebih dahulu demi rasa gurih. Lalu, daging dimasak dengan oven 350 derajat Celcius selama dua menit untuk mendapatkan warna kecokelatan.

Atau, pengolahan ikan dori dan salmon yang dipanggang dengan hanya mengoleskan minyak zaitun pada permukaan demi mempertahankan cita rasa yang asli.

Pilihan lebih beragam dihadirkan dalam menu topping. Mulai dari brokoli, kacang-kacangan, jagung, edamame, bayam, kale, wortel, jamur, ratatouille, labu, tomat, dan telur setengah matang.


Aneka sayuran ini rata-rata diolah dalam waktu yang singkat agar tetap segar. Sedangkan jagung dan kacang-kacangan sengaja ditumis demi mendapatkan aroma gosong dan warna kehitaman. Meski ditumis, Rennata memastikan minyak yang digunakan tetap sehat.

"Kami hanya memakai minyak zaitun dan minyak kelapa," ujar lulusan Le Corden Bleu Paris ini.

Untuk menambah rasa renyah dan gurih, Fedwell menghadirkan menu crunch yang terdiri dari bawang merah, furikake (abon Jepang), biji gandum, granola, dan biji-bijian. "Supaya tidak membosankan dan ada rasa crunchy," ucap Renatta.

Ragam menu sehat di Fedwell.Ragam menu sehat di Fedwell. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Kelompok menu terakhir adalah saus yang terdiri dari Asian chimichurri, balsamic blackpepper, basil ranch, honey mustard, lemon sauce, sambal matah, peanut sesame, dan skinny alfredo.

Rasa yang muncul pada setiap mangkuk makanan sehat ini terletak pada saus yang dipilih. Pasalnya, rata-rata kelompok menu lainnya memiliki rasa yang hambar.

"Kami lebih bermain di saus, rasanya tergantung saus," kata Renatta. Pengunjung diperbolehkan untuk mencoba tester saus yang tersedia sebelum memilih.

Jika tak ingin ribet memilih, Fedwell juga menyediakan delapan menu isian mangkuk yang sudah dipadukan. Menu andalan The Don, misalnya, yang terdiri dari campuran biji gandum dan beras merah, rib-eye steak, edamame, bayam, jagung, telur, saus kacang, dan furikake.

Tak cuma itu, mangkuk sehat ini juga dapat dinikmati dengan aneka hidangan minuman. Sebut saja kopi, olahan susu kedelai, dan jus segar. Minuman ini diracik dengan nutrisi yang sehat. (ptj/asr)