YouTuber Reza Oktovian Alih Profesi ke Dunia e-Sports

Advertorial, CNN Indonesia | Jumat, 28/09/2018 00:00 WIB
YouTuber Reza Oktovian Alih Profesi ke Dunia e-Sports Reza Oktavian beralih profesi jadi Gamer AOV (Foto: dok.AOV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Reza Oktovian atau akrab disapa Reza Arap mengumumkan kabar mengejutkan belakangan ini. Lewat beberapa video yang diunggah ke IG Story pada Senin, 10 September 2018, Reza menghapus channel YouTube-nya yang selama ini telah membuatnya dikenal banyak orang.

Untungnya banyak orang menghargai keputusan ini meski tidak sedikit pula yang mengaku kehilangan.

Reza menyebut, aktif selama tujuh tahun di dunia YouTube sudah cukup baginya. Ia ingin berfokus pada kehidupan nyata, kekasih, dan musiknya.


YouTuber game ini juga mengaku telah meminta masukan dari sang kekasih, Wendy. Sang kekasih pun tetap menerima dan mendukung Reza apa adanya.

Meski begitu, rencana Reza Arap setelah menutup akun YouTube masih belum jelas. Kabarnya pemilik akun Instagram @rapyourbae ini mengungkapkan niatnya berfokus pada klub e-Sports yang didirikannya. Keputusan ini disambut dengan kesedihan para fans dan sesama YouTube creator Indonesia.

Reza kini tengah fokus dengan bisnisnya yang juga bergerak di bidang game, sama seperti konten YouTubenya dahulu. Kini ia banting setir lewat bisnis manajemen klub e-Sport yang menaungi atlet-atlet game seperti halnya atlet Asian Games.

Salah satu divisi yang dijalaninya adalah game AOV. Belum lama ini, ia terlihat sedang berkumpul bersama influencer serta pro player dari game AOV. Tampak dari fotonya yang melakukan pose AOV dengan pemain Timnas AOV.
YouTuber Reza Oktovian Alih Profesi ke Dunia e-SportsReza Oktovian berpose AOV bersama para influencer (Foto: dok.AOV)
Reza Oktovian adalah seorang YouTuber yang suka membuat konten-konten mengenai games. YouTube menjadi ladang emas baginya yang memberi pendapatan ratusan juta rupiah per bulan. Namun, apa yang dihasilkannya bukanlah hal yang instan, ia harus berjuang dari nol untuk menjadi seleb YouTube dan menjadi jutawan seperti sekarang.

Pria kelahiran Jakarta, 15 Januari 1990 ini dibesarkan oleh ibunya seorang diri sebagai orang tua tunggal. Ia pun menjalani berbagai pekerjaan, mulai penjaga kasir warnet, tukang ojek, sampai berjualan kosmetik dari rumah ke rumah pun pernah dilakoninya.

Saat menjadi penjaga warnet, ia berkenalan dengan dunia YouTube. Melihat minat dan kelebihannya, Reza akhirnya membangun gaming channel. Ia terinspirasi dari kesuksesan Pewdiepie, YouTuber gaming dengan subscriber terbanyak di dunia. Reza sudah mengenal game sejak kecil lewat konsol, dari hobi tersebut terbawa hingga dewasa sehingga membuat konten games di akun YouTube-nya.

Selain video yang membahas tentang game, Reza juga mengisi channel YouTube-nya dengan konten-konten menarik lain seperti vlog, sketsa lucu, atau klip video. Hingga akhirnya pada 2018, ia telah memiliki sekitar 2,3 juta subscriber dan diperkirakan pendapatannya dari YouTube bisa mencapai Rp 340 juta hingga Rp 5,4 miliar per tahun. (adv/adv)