Tips Membuat Poached Egg Sempurna

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 08:19 WIB
Tips Membuat Poached Egg Sempurna Ilustrasi telur (morgueFile/pdalgarno)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang mudah diolah. Oleh karenanya, ia kerap menjadi alternatif pilihan sarapan.

Belakangan, media sosial diramaikan oleh gambar olahan telur ceplok dengan efek lelehan saat dibelah. Gambar itu sangat menggugah selera, apalagi jika disajikan dengan salmon, alpukat tumbuk, atau sekadar roti panggang.

Tak perlu tangah ahli untuk meracik telur ceplok rebus alias poached egg yang sempurna ini. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.


Pertama, siapkan bahan utama, yakni telur. Fabrice Lanson, executive chef di The Savoy mengatakan, pembuatan poached egg ini sebaiknya menggunakan telur yang telah disimpan dalam kulkas untuk hasil maksimal.


Siapkan pula panci dengan cekungan cukup dalam untuk menjaga bentuk telur. "Kedalaman panci membantu mengentalkan putih telur dan membentuk telur saat ia terangkat," kata Lanson dikutip dari The Independent.

Kedua, perhatikan metodenya. Siapkan panci berisi air cukup banyak, lalu panaskan. Agar telur tidak terlalu hambar, Richard Carter, executive chef di Benugo menyarankan untuk menambahkan sedikit garam dan cuka.

Saat air mulai mendidih, gunakan sendok untuk mengaduk air berisi telur dengan gerakan memutar. Kemudian, pecahkan telur.

"Pecahkan telur pada bagian tengah panci sehingga bagian putih telur mengelilingi kuning telur dan masak hingga tiga menit," papar Connie Grossman, executive chef dari Over Under Coffee.

[Gambas:Instagram]

Jika ragu menggunakan trik ini, Anda bisa memecahkan telur di wadah terpisah kemudian baru masukkan telur setelah air mulai mendidih.

Tingkat kematangan bisa diatur sesuai selera. Jika menginginkan tekstur telur yang sangat lembut, cukup masak selama 4 menit, 5 menit untuk kematangan sedang, dan 8 menit untuk telur bertekstur keras. Terakhir, diamkan telur selama 30 detik dan sajikan dengan taburan garam bubuk.

Jika telur tak akan langsung dikonsumsi, Lanson menyarakankan untuk menyimpannya bersama air dingin segera setelah matang.

Anda hanya perlu memanaskannya kembali dengan menempatkan telur pada panci berisi air dengan temperatur 65-80 derajat Celcius selama 3 menit. (els/asr)