5 Tips 'Afterplay' untuk Tingkatkan Kepuasan Seksual

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 00:12 WIB
5 Tips <i>'Afterplay'</i> untuk Tingkatkan Kepuasan Seksual Ilustrasi (Istockphoto/dima_sidelnikov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepuasan menjadi kunci dari kehidupan seks yang sehat dan bahagia. Namun, kepuasan seksual tak bisa cuma diukur dari orgasme. Pasalnya, sebuah studi sempat menemukan bahwa 80 persen wanita tidak mengalami orgasme saat berhubungan seksual.

Demi mendapatkan kepuasan seksual, pasangan juga perlu memperhatikan kualitas 'afterplay' atau rutinitas-rutinitas yang biasa dilakukan setelah bercinta. 'Afterplay' berperan sebagai 'dessert' alias penutup dari momen intim bersama pasangan.

"Dengan memasukkan rutinitas setelah bercinta, Anda akan menemukan bahwa ini (afterplay) membantu mendorong ketertarikan Anda dan pasangan terhadap seks, sehingga menghasilkan seks yang lebih baik dan lebih banyak lagi," ujar pakar seks, Annabelle Knight, mengutip The Sun.



Knight memberikan lima tips untuk 'afterplay' yang menyenangkan seperti berikut ini.

1. 'Pillowtalk'
Obrolan setelah berhubungan intim menjadi bagian penting untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan pasangan. Masing-masing dengan terbuka bisa mengungkapkan apa yang ada dalam benak tanpa beban, termasuk salah satunya soal seks.

2. Berciuman
Seks tak lepas dari elemen berciuman. Aktivitas satu ini bisa meningkatkan gairah sehingga kerap dijadikan sesi pembuka hubungan intim.
Namun, berciuman juga bisa menjadi 'dessert' hubungan seks bersama pasangan. Knight menyarankan untuk berciuman dengan perlahan untuk menutup sesi hubungan intim.


3. Memijat
Kontak kulit masih bisa dilakukan selama 'afterplay', misalnya dengan memijat. Dalam sesi pijat ini, Knight menyarankan Anda untuk menggunakan minyak aromaterapi.
Pijat berfungsi untuk membantu otot rileks. Selain itu, pijat juga bisa memperkuat ikatan keintiman antara pasangan dengan sentuhan-sentuhan yang diberikan.

4. Mandi bersama
Jika seks dianggap membuat badan kotor, maka saatnya untuk bersih-bersih dengan mandi bersama. Hampir semua elemen 'afterplay' bisa dipraktikkan selama mandi, seperti mengobrol, memijat, dan berciuman.

5. Membaca
Bukan tidak mungkin membaca bisa jadi bagian dari 'afterplay'. Menikmati musik dipadu dengan novel romantis bersama-sama bisa masuk dalam daftar 'afterplay' yang layak dicoba. Anda dan pasangan bisa membacakan cerita dalam novel secara bergantian. (els/asr)