Akses ke Tiga Gunung Cantik di Lembata Bakal Dipermudah

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 14:32 WIB
Akses ke Tiga Gunung Cantik di Lembata Bakal Dipermudah Pemandangan kawasan perairan di Lembata, Nusa Tenggara Timur. (Istockphoto/Velvetfish)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday mengatakan pemerintah kabupaten (pemkab) sudah memprioritaskan pembukaan akses jalan menuju objek wisata gunung yang menjadi ikon utama kegiatan pariwisata Festival Tiga Gunung di Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Thomas menambahkan hal itu berkaitan dengan upaya pihaknya menyiapkan infrastruktur pendukung menuju objek-objek wisata yang menjadi ikon utama Festival Tiga Gunung, di antaranya Ile Lewotolok, Ile Werung, dan Ile Batutaran.

Bersama Alor, Belu, Malaka, Kupang dan Kota Kupang, Lembata merupakan destinasi wisata unggulan di Nusa Tenggara Timur.


"Infrastruktur jalan difokuskan menuju Gunung Ile Lewotolok dan Gunung Ile Werung, sementara Gunung Ile Batutaran difokuskan pada penyediaan sarana kapal karena letaknya berada di tengah Laut Flores," kata Thomas di Kupang, seperti yang dikutip dari Antara pada Selasa (2/10).

"Akses kendaraan sekarang dibuka sampai di tempat yang namanya Tol Belanda di Desa Waowala, Kecamatan Ile Ape, di lembah Ile Lewotolok. Akses initidak dibuka menuju puncak gunung karena akses tersebut khusus pendakian," lanjutnya.

Thomas menjelaskan akses jalan menuju Gunung Ile Werung yang berada di wilayah selatan Pulau Lembata cukup susah, karena kondisi tanah yang mudah bergeser sehingga mudah rusak jika diaspal.

Sebagai gantinya pemerintah telah membuka jalan hingga Desa Dulir, Kecamatan Atadei, yang berada dekat Gunung Ile Werung.

Ia menambahkan, akses jalan menuju wilayah selatan menjadi prioritas, karena selain memiliki objek-objek wisata juga merupakan lumbung pangan dengan banyak hasil pertanian, perkebunan, dan perikanan.

"Karena itu kami konsentrasi pada membangun akses dengan beton sehingga akses transportasi lancara baik barang dan orang," ujarnya.

Festival Tiga Gunung memang telah berakhir pada akhir pekan kemarin. Namun festival yang baru pertama kali digelar pada tahun ini itu dijanjikan bakal digelar lagi pada tahun depan.

Festival Tiga Gunung menyuguhkan sejumlah kegiatan wisata alam dan seni budaya yang berlokasi di tiga gunung ikon Lembata, yakni Ile Lewotolok, Ile Batutara, dan Ile Werung.

Masing-masing gunung memiliki keindahan dan keunikannya sendiri, sehingga dirasa mampu mengundang kedatangan turis pecinta alam, baik dari dalam dan luar negeri.

Salah satunya Gunung Ile Batutara yang tercatat meletus setiap 20 menit. Letusan itu dapat disaksikan dari jarak sekitar 50 meter.

Gunung Ile Batutara juga masuk nominasi sebagai destinasi wisata gunung api terpopuler nomor dua di Indonesia dalam Anugerah Pesona Indonesia yang digelar oleh Kementerian Pariwisata pada 2017.

Lalu ada Gunung Ile Lewotolok yang punya kawah luas berpasir putih. Saking luasnya, area kawah bisa digunakan untuk bermain sepak bula.

Terdapat pula rumah adat di lereng sebagai pilihan objek wisata seni budaya.

Sedangkan Gunung Ile Werung merupakan habitat Burung Walet. Ada juga gua menembus pantai yang bisa dijelajahi di punggungnya.

(ard)