Hari Batik Nasional

Polling: Batik Populer Jadi Baju Kondangan Generasi Milenial

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 20:25 WIB
Polling: Batik Populer Jadi Baju Kondangan Generasi Milenial ilustrasi batik (ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kreasi batik di industri mode Indonesia patut diakui sudah berkembang pesat. Beragam motif batik dengan aneka model bisa dijadikan pilihan berbusana. 

Batik tak lagi diperuntukkan untuk acara formal saja tapi juga bisa dipakai dalam banyak kegiatan sehari-hari. Opsi yang beragam ini membuat batik jadi salah satu pilihan berbusana generasi milenial. 

Hanya saja, penggunaan busana berbahan dasar kain batik di kalangan milenial ternyata masih terbatas pada acara-acara tertentu saja.



Berdasarkan jajak pendapat online yang dilakukan CNNIndonesia.com melalui media sosial Twitter, mayoritas netizen generasi milenial memakai batik saat kondangan dan kegiatan sehari-hari.

Dari 473 responden, sebanyak 66 persen netizen memilih mengenakan batik untuk menghadiri kondangan. Batik yang sarat makna dan memberikan kesan formal memang cocok untuk dipakai saat menghadiri acara pernikahan nan sakral.

Di posisi kedua, sebanyak 23 persen netizen milenial memakai batik untuk kegiatan sehari-hari. Kegiatan sehari-hari ini dapat meliputi bekerja hingga nongkrong bersama kawan-kawan.


Sementara itu, hanya sedikit netizen saja yang memilih memakai batik untuk pertunangan dan wawancara kerja. Sebanyak lima persen memilih mengenakan batik saat tunangan dan tiga persen saja untuk wawancara kerja.

Selamat Hari Batik Nasional pembaca CNNIndonesia.com. (ptj/chs)