FOTO : Warna 'Berani' Betawi di Hari Batik

Andry Novelino, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 21:13 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Batik Betawi mempunyai ciri khas tersendiri dengan menampilkan motif yang berkaitan dengan Ibu Kota Jakarta. Batik Betawi selalu menonjolkan warna cerah.

Batik Sanggar Betawi Seraci mempunyai ciri khas tersendiri dengan menampilkan motif yang berkaitan dengan Ibukota Jakarta dengan warna-warna berani atau cerah, dengan gambar batik tulis maupun cetak simbol dan tokoh Betawi seperti Ondel-ondel, Monas dan Pitung. Bekasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Batik Betawi mempunyai proses pembuatan sama dengan batik-batik lain Nusantara, yaitu dengan metode tulis dan cetak. Lama menghilang, batik Betawi terlahir kembali melalui batik seraci. Batik Betawi Seraci berusaha konsisten mengangkat budaya dan ikon Betawi meski dicibir beberapa kalangan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Batik juga menjadi salah satu identitas Bekasi. Hal ini dapat dilihat dari produksi batik di Kampung Kebonkelapa, Desa Segarajaya. Di tempat tersebut, Rumah Batik Betawi Seraci melakukan produksi batik khas Betawi Bekasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Motif Batik Betawi juga banyak dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda, dan Cina. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Pengrajin melukis Batik tulis di sanggar Betawi Seraci. Desa Segara Jaya, Kecamatan Taruma Jaya. Kabupaten Bekasi. Batik Betawi Seraci dijual dengan harga Rp. 100 ribu hingga Rp. 1 juta per potong kain. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Alat Cetak dari kayu untuk motif Batik Betawi di sanggar Seraci dengan berbagai macam ukiran motif yang menjadi ciri khas batik Betawi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Proses pembuatan batik dengan motif simbol-simbol Betawi dengan metode cetak. Batik Betawi mempunyai proses pembuatan sama dengan batik-batik lain Nusantara, yaitu dengan metode tulis dan cetak. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Melalui batik Betawi ini identitas budaya Betawi tercermin, kehidupan masyarakat Betawi dituangkan ke dalam desain batik Betawi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Melalui batik Betawi ini identitas budaya Betawi tercermin, kehidupan masyarakat Betawi dituangkan ke dalam desain batik Betawi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Batik motif Loreng Ondel-Ondel dibuat untuk mengangkat kesenian Betawi, yaitu boneka ondel-ondel itu sendiri. Boneka ondel-ondel adalah boneka yang dipercaya dapat digunakan untuk penolak bala (kutukan atau sifat buruk). (CNN Indonesia/Andry Novelino).