5 Prosedur Operasi Plastik yang 'Aneh Tapi Populer'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 14:28 WIB
5 Prosedur Operasi Plastik yang 'Aneh Tapi Populer' ilustrasi operasi plastik (Istockphoto/Robert Daly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wajah lebam Ratna Sarumpaet yang sempat dikabarkan terjadi karena penganiayaan disebut-sebut diduga karena operasi plastik.

Prosedur operasi plastik di Indonesia sendiri sebenarnya bukanlah hal baru. Sejak beberapa tahun lalu, prosedur operasi plastik untuk memperbaiki beberapa bagian wajah sempat jadi tren di kalangan perempuan.

Padahal awalnya, prosedur operasi plastik ini digunakan untuk memperbaiki kondisi wajah yang rusak dan butuh operasi dengan alasan medis. Hanya saja, lama kelamaan, kekurangpuasan dengan kondisi diri membuat perempuan rela berada di bawah pisau operasi untuk membuat wajahnya jadi lebih sempurna.



Prosedur operasi plastik yang paling umum adalah operasi hidung atau rhinoplasty, operasi tulang pipi, operasi potong rahang, payudara, perut ramping, dan lainnya.

"Anda berpikir kebanyakan orang yang melakukan operasi plastik hanya meminta dada lebih besar dan perut ramping? Pikir lagi," kata Tony Youn, ahli bedah plastik bersertifikat dan penulis buku In Stitches dikutip dari CBS.

"Operasi plastik lebih dari sekadar implan payudara, liposuction, dan facelifts."

Namun mengutip beberapa sumber, ada beberapa prosedur operasi plastik lain aneh namun populer.

1. Operasi pusar
Beberapa orang memiliki bentuk pusar yang menjorok keluar. Ada beberapa yang merasa tak nyaman dengan kondisi pusarnya, terutama ketika mereka harus bertelanjang dada dan atau memakai bikini.

Operasi pusar pun memungkinkan untuk membuat pusar yang menjorok keluar menjadi masuk. Operasi ini disebut umbilicoplasty.

2. Membuat lesung pipi
Lesung pipi memang membuat seseorang jadi lebih manis ketika tersenyum. Namun tak semua orang punya lesung pipi. Operasi plastik memungkinkan seseorang untuk memiliki lesung pipi buatan.


3. Operasi plastik untuk kepuasan seksual
Beberapa waktu lalu ada tren operasi plastik yang berkembang dan sedikit mengganggu. Pasalnya operasi plastik ini dilakukan di area genital. Prosedur tersebut dilakukan untuk menghilangkan kulit labial dan mengencangkan saluran vagina. Selain itu juga banyak yang meminta untuk memperluas area G spot untuk menambah kepuasan seksual.

4. Vampire facelift
Prosedur operasi plastik yang melibatkan darah diri sendiri untuk mengisolasi platelet rich plasma (PRP). PRP ini kemudian dimasukkan lagi ke tubuh. Tujuannya untuk menghilangkan keriput dan membuat kulit terlihat lebih muda.


5. Membuat perut six pack
Punya perut six pack jadi idaman banyak pria, namun butuh perjuangan untuk mendapatkannya. Lewat operasi plastik bernama Hi Def Liposculpture, pria-pria bisa mendapatkan perut six pack dalam sekejap tanpa butuh olahraga dan diet khusus. (chs)