9 Rute Perjalanan Darat Terindah di Dunia

fey & Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/10/2018 20:45 WIB
9 Rute Perjalanan Darat Terindah di Dunia Tol Bali Mandara. (Dok. Hutama Karya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ringkasnya durasi naik kereta api atau penerbangan membuat banyak turis yang mulai melupakan perjalanan darat.

Padahal perjalanan darat memberi pengalaman wisata yang tak kalah menarik, apalagi selama berkendara kita ditemani oleh teman seperjalanan yang menyenangkan.


Berikut adalah rute perjalanan darat terbaik di dunia:


1. Kanada dan Alaska

Jalur perjalanan darat yang berdiri sepanjang Yukon, Kanada hingga Alaska dipenuhi oleh pesona penggunungan dan ragam flora menawan.

Tombstone Territorial Park adalah salah satu titik yang wajib dihampiri untuk menyaksikan beruang langsung di habitatnya.

Untuk menikmati indah musim gugur, lakukan perjalanan dalam rentang bulan September hingga Oktober.

Penampakan Cahaya Aurora juga bisa dinikmati selama Agustus hingga Oktober.

[Gambas:Instagram]

2. Tol Bali Mandara

Tol Bali Mandara merupaka jalan tol di atas laut pertama yang dibangun Indonesia.

Jalan sepanjang 12,7 kilometer ini menghubungkan Kabupaten Nusa Dua, Ngurah Rai serta Tanjung Benoa.

3. Pegunungan Austria dan Black Forest Jerman

Menyusuri Munich, Danau Constance, Waldshut, Harburg hingga kembali ke Munich, rute perjalanan ini dapat ditempuh dalam waktu 10 hingga 14 hari.

Perjalanan darat mengitari Austria dan Jerman baiknya dilakukan ketika musim panas atau musim dingin.

Ketika dalam perjalanan, beberapa titik wisata seperti Koenigsee, Jalan Raya Grossglocker dan sejumlah desa di Black Forest wajib dijadikan pemberhentian.

[Gambas:Instagram]

4. Jalan Kelok 9

Berada 30 kilometer sebelah timur Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Jalan Kelok 9 menjadi gabungan antara jalan berkelok serta jembatan indah di pinggir tebing.

Berdiri sepanjang 2,5 kilometer, banyak pengendara yang meminggirkan kendaraannya untuk berfoto di sekitar jalanan ini.

9 Rute Perjalanan Darat Terindah di DuniaPembalap sepeda melintasi jembatan kelok sembilan pada Tour De Singkarak. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

5. Pelosok Australia

Nikmati sensasi berwisata di Australia yang jauh dari keramaian kota dengan menyusuri alur Alice Springs, King's Canyon hinga Uluru.

Melalui wilayah pelosok Australia ini, pengunjung dapat melakukan pendakian di King's Canyon maupun menyaksikan indahnya aksi matahari terbit dan terbenam di Uluru.

Perjalanan ini idealnya dilakukan di bulan Maret hingga Mei, karena minimnya hujan dan keramaian wisatawan.

[Gambas:Instagram]


6. Tol Bawen-Salatiga

Rute Tol Bawen-Salatiga disebut sebagai yang terindah se-Indonesia.

Jalan tol sepanjang 17,6 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo ini memiliki pemandangan Gunung Merbabu.

9 Rute Perjalanan Darat Terindah di DuniaSebuah mobil melaju di Jembatan Tuntang, Tol Bawen-Salatiga, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

7. Pulau Oahu

Jika menginginkan perjalanan darat dengan suasana tropis, Pulau Oahu di Hawaii bisa menjadi destinasi pilihan yang tepat.

Dalam perjalanan mengelilingi pulau, sempatkan waktu ke sejumlah objek wisata populer seperti Diamond Head, Pantai Wakiki, Taman Pantai Kailua dan Waimea Bay.

Musim sepi wisatawan, seperti di bulan April hingga Juni dan September hingga Desember, merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan di sini.

[Gambas:Instagram]

8. Perancis Selatan

Mulai perjalanan dari Marseille hingga Kota Paris, perjalanan darat mengitari kemegahan pedesaan paris tentunya tak akan mengecewakan.

Salah satu titik wisata yang patut disambangi ketika mengelilingi wilayah selatan Perancis adalah kota abad pertengahan Les-Beaux-de-Provence.

Lakukan perjalanan pada musim panas atau musim semi untuk cuaca yang ideal.

[Gambas:Instagram]

9. Jalan Kelok 44

Masih berada di Sumatera Barat, ada juga Jalan Kelok 44 yang terdiri dari 44 titik kelokan.

Ajang balap sepeda Tour de Singkarak kerap digelar di sini.

[Gambas:Instagram]

(ard)