Program Televisi Anthony Bourdain Bakal Jadi Mata Kuliah

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/10/2018 20:01 WIB
Program Televisi Anthony Bourdain Bakal Jadi Mata Kuliah Anthony Bourdain semasa hidupnya. (REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chef dan pembawa acara perjalanan, Anthony Bourdain, memang telah tiada. Namun sosoknya bakal dikenang dalam salah satu mata kuliah di Universitas Nicholls State, Louisiana.

Mata kuliah yang terinspirasi dari Bourdain bertajuk 'Anthony Bourdain and His Influencers'. Mata kuliah ini akan dimulai pada tahun depan untuk jurusan film.

Kelasanya akan dipandu oleh salah satu dosen yang merupakan salah penggemar Bourdain, Profesor Todd Kennedy.


Dalam pelajarannya, Kennedy akan memaparkan lokasi-lokasi syuting acara perjalanan Bourdain yang telah tayang, seperti No Reservations dan Parts Unknown.

Ditambah juga dengan film, dokumenter dan novel favorit Bourdain.

Kennedy merumuskan mata kuliah itu karena ingin mengenang kawannya yang dianggapnya selalu "haus" akan ilmu.

"Saat sedang mencari lokasi baru untuk syuting, Bourdain selalu menonton film atau membaca novel. Lokasi dari film atau novel yang dibacanya lalu didatanginya untuk syuting. Ia juga mempelajari dengan seksama sejarah dari lokasi tersebut," kata Kennedy, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Jumat (5/10).

Sebagai bahan bacaan, Kennedy juga meminta mahasiswanya untuk membaca buku-buku Bourdain, seperti Kitchen Confidential: Adventures in the Culinary Underbelly, buku yang membuat namanya harum di kalangan kuliner dan wisata.

Selain itu ada juga buku Between Meals: An Appetite of Paris karya A.J. Liebling, penulis kuliner favorit Bourdain.

Saat ini sudah ada beberapa mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti mata kuliah tersebut.

Namun Kennedy mengatakan kalau kelasnya tak hanya untuk penggemar Bourdain.

"Apa yang dilakukan Bourdain merupakan hal inovatif yang pernah saya saksikan di televisi. Meski terkesan pop dan dangkal, sebenarnya mata kuliah ini memiliki dasar pembelajaran yang kuat," ujar Kennedy.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Bourdain meraih total lima penghargaan anumerta dalam Creative Arts Emmy Awards 2018.

Penghargaan itu diterima Bourdain atas program Parts Unknown.

Anthony memenangkan dua kategori atas nama individu yakni kategori penulisan terbaik untuk program non-fiksi dan serial informasi terbaik.

Sedangkan program yang ia bawakan memboyong tiga penghargaan dalam bidang penyuntingan gambar, suara, dan sound-mixing terbaik.

Penghargaan ini menjadi teramat penting setelah peristiwa kepergian koki selebritas dan penulis kelahiran 1956 ini di kamar hotelnya pada Juni lalu.

[Gambas:Youtube]
(ard)