Hari Guru Sedunia

Kenangan 'Menyeramkan' yang Dirindukan dari Seorang Guru

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/10/2018 20:54 WIB
Kenangan 'Menyeramkan' yang Dirindukan dari Seorang Guru ilustrasi guru (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia.

Di tanggal ini pula, tak ada salahnya untuk kembali mengenang jasa para pahlawan tanpa tanda jasa di bangku sekolah. Meski berjasa, namun tak dimungkiri semasa sekolah ada banyak kenangan menyeramkan tentang sosok seorang guru.

Di balik kumis tebal, kacamata tebal, atau lirikan mata yang tajam dari ujung mata, para guru seolah terlihat galak dan tegas. Di bangku sekolah, mungkin sebagian guru terlihat galak.



Kisah 'menyeramkan' tentang sosok guru di bangku sekolah saat itu mungkin sudah berubah menjadi nostalia yang ngangenin untuk kembali dikenang.

Nostalgia 'menyeramkan' yang paling diingat tentang guru adalah ketakutan saat orang tua akan dipanggil ke sekolah. Ketakutan orang tua dipanggil ke sekolah rupanya menjadi kenangan tersendiri bagi 33 persen responden polling CNNIndonesia.com di Twitter.

Tak dimungkiri, murid yang orang tuanya dipanggil ke sekolah berarti dianggap sudah melakukan pelanggaran cukup berat. Ini berarti juga jadi double trouble alias masalah ganda. Si anak akan dapat masalah di sekolah dan di rumah.


Di posisi kedua ditempati oleh ketakutan saat dihukum di depan kelas. Ada 33 persen responden yang memilih hal ini.

"Paling sering dihukum di depan kelas, karena suka ketahuan bolos, datang telat, ketiduran di kelas ampe berjam-jam," tulis akun @tukang_kasbon33.

Sedangkan di posisi tiga berdasar polling CNNIndonesia.com, kenangan menyeramkan saat sekolah adalah saat diomeli guru ketika ketahuan nyontek (25 persen). Sedangkan di posisi paling buncit ditempati oleh ketakutan diberi nilai nol oleh gurunya (9 persen).

"Kecuali orang tua dipanggil,Gue pernah semua tuh kayanya," tulis akun @Andoo_S_U. (chs)