Dua Tahun Lagi Surabaya Punya Plaza Bawah Tanah

ANTARA, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 11:01 WIB
Dua Tahun Lagi Surabaya Punya Plaza Bawah Tanah Tugu Pahlawan, salah satu objek wisata bersejarah di Surabaya. (Istockphoto/Murmakova)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, menargetkan pembangunan plaza atau pusat perbelanjaan bawah tanah di kawasan Balai Pemuda selesai pada 2020.

Plaza bawah tanah tersebut berada di kawasan Balai Pemuda atau sisi barat Jalan Yos Sudarso, sehingga saat ini ada penyempitan jalan di kawasan tersebut.

"Pembangunan plaza untuk sisi Balai Pemuda tahun ini selesai, selanjutnya tahun depan pembangunan dikerjakan di sisi timur Jalan Yos Sudarso. Jadi, kami targetkan 2020 sudah jadi semuanya," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di Surabaya, pada Senin (8/10), seperti yang dikutip dari Antara.


Risma mengatakan plaza bawah tanah itu akan dibangun dua lantai.

Lantai satu akan dijadikan sebagai plaza atau pasar modern yang akan menjadi UKM center dan pusat oleh-oleh Surabaya.

Sedangkan di lantai dua akan dijadikan tempat parkir yang bisa menampung sekitar 150 kendaraan roda empat.

"Jadi, ini bukan hanya sekadar pasar, tapi juga akan menjadi tempat berkumpul warga Surabaya," ujar Risma.

Di plaza bawah tanah juga akan ada tempat untuk pertunjukan hiburan atau pentas seni, misalnya wayang orang, ludruk dan sebagainya.

"Di seberangnya juga akan ada pentas pantomim dan nonton film," katanya.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu juga mengaku membangun plaza di bawah tanah untuk menghubungkan antara Balai Pemuda dengan Jalan Yos Sudarso sisi timur, sehingga pejalan kaki tidak perlu menyeberang di Jalan Yos Sudarso, karena bisa menyeberang melalui jalan bawah tanah.

"Saya juga tidak ingin merusak pemandangan Balai Kota. Ini juga untuk membuka poros Balai Kota. Saya ingin tempat ini menjadi destinasi wisata baru di Kota Surabaya, menjadi plaza seperti di Korea," katanya.

Selain itu, Risma menjelaskan plaza bawah tanah itu didesain dengan elegan dengan konsep pemuda, sehingga diharapkan akan menjadi ruang untuk para pemuda berekspresi dan melakukan pementasan budaya.

Nantinya, lanjut dia, kawasan itu akan dilengkapi tangga lebar, eskalator serta area relaksasi dengan fasilitas duduk.

Pemandangannya diarahkan menghadap ke sisi Balai Kota sehingga menambah keindahan kawasan tersebut.

(ard)