Restoran di Texas 'Haram' Membuang Sisa Makanan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 19:39 WIB
Restoran di Texas 'Haram' Membuang Sisa Makanan Foto: Jay Wennington
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kota Austin, Texas, Amerika Serikat melarang seluruh restoran membuang sisa makanan berlebih. Setiap restoran dituntut untuk memanfaatkan makanan semaksimal mungkin. Peraturan ini baru saja berlaku pekan lalu.

Restoran di Austin tak lagi boleh membuang sisa makanan di tempat sampah setiap malamnya. Aturan ini muncul lantaran banyaknya limbah yang berasal dari bahan organik termasuk makanan di Austin.

Peraturan ini merupakan bagian dari Universal Recycling Ordinance, yang menjadi salah satu inisiatif Zero Waste atau nol sampah yang ditargetkan terwujud pada 2040 mendatang di Austin.



Dengan langkah besar ini, restoran harus kreatif memanfaatkan seluruh makanan mereka. Beberapa pilihan yang tersedia di antaranya, menyumbangkan makanan, membuat kompos, atau memberikannya ke peternakan setempat.

Peraturan ini juga mengharuskan pemilik bisnis untuk memberikan pelatihan kepada karyawan secara rutin mengenai pengolahan sumber organik.

"Kota ini berkomitmen untuk membantu perusahaan, besar dan kecil, menemukan solusi hemat biaya dan membuat program pengalihan untuk memastikan makanan dan bahan organik lainnya dimanfaatkan sebaik mungkin sambil memenuhi persyaratan tata cara," kata direktur interim Pemulihan Sumber Daya Austin, Sam Angoori, seperti dikutip dari KXAN.

Di sisi lain, pelarangan pembuangan sisa makanan ini memunculkan beberapa ide kreatif. Seperti dilaporkan Food Beast, Food Hackers mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membuat restoran memberi informasi mengenai sisa makanan berlebih. Orang lain yang membutuhkan sisa makanan itu bisa mendapatkannya melalui aplikasi tersebut. (ptj/asr)