5 Langkah Mudah Menepis 'Godaan' Alkohol

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/10/2018 00:05 WIB
5 Langkah Mudah Menepis 'Godaan' Alkohol Ilustrasi minuman beralkohol (REUTERS/Regis Duvignau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Godaan minum alkohol seakan sulit ditepis. Mulai dari alat sosialisasi hingga menghilangkan stres sejenak, alkohol sulit dilupakan.

Namun, kebanyakan konsumsi alkohol bisa mengganggu kesehatan. Mulai dari gangguan liver, kanker, dan masih banyak lagi lainnya.

Sayangnya, tak semua pencandu alkohol memahami bahaya yang diakibatkan.


Beberapa langkah berikut ini dapat membantu Anda atau orang terdekat lepas dari ketergantungan alkohol.


1. Alasan yang tepat
Menemukan alasan yang tepat dapat membuat tekad berhenti mengonsumsi alkohol berjalan lebih mudah. Alasan ini mesti menjadi pegangan setiap kali godaan itu datang.

Alasan itu dapat berupa penyakit yang muncul akibat alkohol seperti penyakit liver, diabetes, dan penyakit jantung.

Diberitakan The Guardian, alkohol juga terbukti mengakibatkan dehidrasi pada kulit sehingga membuat kulit tampak kembung.

Selain itu, penelitian juga menemukan racun dalam alkohol berkontribusi pada selulit. Kalori satu pint bir juga sama dengan sepotong pizza sehingga dapat meningkatkan obesitas.


2. Alasan minum-minum
Berpikir ulang mengenai alasan yang membuat Anda candu akan alkohol dapat menjadi salah satu bentuk introspeksi diri untuk berhenti mengonsumsi alkohol.

Kebanyakan orang minum dengan alasan untuk menghilangkan stres. Padahal, sebenarnya alasan itu bisa dihadapi dengan banyak cara lain tanpa harus bergantung pada alkohol.

Quitalcohol.com menyarankan untuk mengakui dan mencari cara lain untuk menyelesaikan masalah. Mengonsumsi alkohol dinilai hanya memberikan kesenangan semu dan berbahaya dalam jangka panjang.

3. Mencari teman
Berkawan dengan orang-orang yang juga punya visi sama untuk tidak mengonsumsi alkohol dapat membuat Anda terhindar dari godaan.

Drink Aware menyatakan, sebaiknya orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman juga diberi tahu soal keinginan untuk berhenti minum alkohol. Cara ini membuat mereka paham dan tidak akan mengajak untuk mengonsumsi alkohol.


4. Hindari godaan
Godaan minum alkohol dapat kembali datang di mana saja dan kapan saja. Pada tahap awal, ada baiknya menghindari situasi yang dekat dengan alkohol seperti menolak ajakan ke bar atau makan di restoran yang tidak menjual alkohol.

Melakukan kegiatan lain yang lebih positif seperti berolahraga, membaca, atau menonton film juga bisa menjadi salah satu cara menghindari godaan.

5. Beri penghargaan
Memberi hadiah pada diri sendiri setelah berhasil menghindari alkohol merupakan bentuk penghargan pada diri. Cara ini terbukti ampuh membuat diri tetap jauh dari alkohol.

Beberapa penghargaan yang bisa diberikan misalnya seperti membeli barang atau makanan kesukaan dan berlibur. (ptj/asr)