Menyusuri Karya Seni Banksy di Penjuru Bristol

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 19:01 WIB
Menyusuri Karya Seni Banksy di Penjuru Bristol Salah satu karya Banksy di London, Inggris. (AFP PHOTO/Shaun Curry)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Banksy kembali diperbincangkan setelah lukisannya yang bertajuk 'Girl with Balloon' otomatis hancur setelah laku Rp21 miliar dalam pelelangan di Galeri Seni Sotheby's, London, pada Jumat (6/10).

Selama 20 tahun berkarya, identitas Banksy tetap anonim. Ada banyak teori konspirasi mengenai jati dirinya, tapi tidak ada yang tahu pasti wujud asli seniman jalanan itu.

Hingga kini hasil coret tangannya bisa ditemui di berbagai penjuru dunia mulai dari London, Melbourne, Mali sampai Bethlehem.


Namun Bristol disebut sebagai kota kelahiran sang seniman, karena banyak karyanya yang tercecer di tembok-tembok kota pelabuhan Inggris itu sejak tahun 1980an.

Ia pun pernah menghelat pameran tunggal di Bristol Museum and Art Gallery pada tahun 2009.

Untuk menikmati ragam karya Banksy di berbagai sudut Bristol, terdapat sejumlah perjalanan tur yang dapat diikuti.

[Gambas:Instagram]

Salah satunya Bansky & Historical Harbour Walking Tour.

Dalam tur tersebut, peserta akan diajak berkunjung ke sejumlah lokasi karya seni Banksy, beberapa di antaranya ialah yang bertajuk 'Grim Reaper', 'Well Hung Lover' dan 'The Girl with the Pierced Eardrum'.

Perjalanan tur akan memakan waktu sekitar dua setengah jam yang di mulai dari Bristol Museum and Art Gallery.

Bulan ini akan dilakukan pada 29 Oktober dan 2 November 2018 dengan harga paket Rp247 ribu per orang.

Selain Bansky & Historical Harbour Walking Tour, ada pula Graft Tur yang menawarkan ragam perjalanan dan workshop yang dipimpin langsung oleh seniman grafiti profesional.

Paket wisata ini dapat dibanderol dengan harga Rp893 ribu per orang.

Perlu diingat, untuk mengikuti workshop maupun tur perjalanan peserta dengan usia di bawah 16 tahun wajib didampingi oleh orang dewasa.

Di samping itu, juga terdapat aplikasi Bansky Bristol Trail yang dapat diunduh jika ingin menyusuri karya seni Bansky di luar tur perjalanan.

Aplikasi ini akan memandu turis ke beberapa lokasi karya Banksy yang menyebar di penjuru Bristol, sekaligus menjelaskan sejarah dan makna di balik setiap karyanya.

[Gambas:Video CNN]

(fey/ard)