Cara Terbaik Tangkal Udara Panas Tanpa Kipas Angin dan AC

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 09/10/2018 10:53 WIB
Cara Terbaik Tangkal Udara Panas Tanpa Kipas Angin dan AC ilustrasi (Istockphoto/Diego_cervo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Matahari yang bersinar terik dan suhu udara yang panas memang membuat banyak orang cenderung malas keluar rumah.

Meski tak ada hubungannya dengan equinox atau fenomena alam yang menyebabkan menghilangnya bayangan, namun tak dimungkiri beberapa hari ini rasa panas melanda.

Akibatnya, beberapa kipas angin tak berhenti berputar dan pendingin udara tak henti-hentinya menyala.



Dalam beberapa kondisi, kipas angin dan juga pendingin udara memang bisa jadi jalan keluar praktis, namun bayangkan bagaimana perubahan drastis yang terjadi di kulit ketika Anda berada di wilayah super panas kemudian masuk ke ruangan dingin. Kulit bakal jadi kering dan kesehatan pun bakal terganggu.

Lalu adakah cara untuk mendinginkan tubuh di musim ini?

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa cara mendinginkan tubuh agar terhindar dari gerah:

1. Hindari makanan yang membuat Anda bertambah panas
Di musim panas, hindari aneka makanan yang bisa membuat Anda bertambah panas, salah satunya adalah makanan pedas. Anda masih tetap bisa makan pedas, tapi jangan terlalu pedas.

Tak cuma makanan terlalu pedas yang harus dihindari tapi kurangi juga aneka makanan yang terlalu asin. Makanan terlalu asin akan mempercepat tubuh kehilangan makanan dan dehidrasi di kulit.

Kurangi juga konsumsi tomat, bawang putih, bawang, bit, bayam, dan juga alkohol.

2. Konsumsi makanan yang tepat
Asupan makanan manis, asam, dan segar adalah pilihan yang tepat. Misalnya susu hangat dan mentega. Beberapa jenis buah manis dan matang seperti alpukat, ceri, plum, anggur, nanas, peach, dan manggo pasti enak dimakan saat cuaca panas.

Bagaimana dengan sayuran? cilantro, mint, asparagus, mentimun, ubi, brokoli, sayuran hijau, zucchini dan kacang-kacang hijau juga baik dikonsumsi.

3. Kurangi minum es
Minuman dingin pasti nikmat diminum saat udara panas. Namun es adalah salah satu minuman yang terlarang saat tubuh panas.

Ketika Anda harus menjaga tubuh tetap dingin, yang paling penting adalah menjaga pencernaan tetap kuat. Minum es saat tubuh terasa panas ibarat menyiram air dingin ke 'api' dalam perut. Pencernaan bakal kaget dan terasa sakit.

Sebaiknya minum air dalam suhu ruang yang normal. Ini akan membantu Anda menghidrasi tubuh dan mendinginkan tubuh dengan cepat.


4. Minum lebih banyak air
Saat suhu udara panas jangan pernah malas untuk minum air. Sekalipun minum air disarankan minimal delapan gelas per hari, namun tak ada salahnya untuk minum jauh lebih banyak.

Ini akan membantu menjaga cairan tubuh normal dan membuat tubuh terhindar dari masalah kesehatan saat panas menyerang.

5. Pilih pakaian yang menyerap keringat
Di musim ini pilihlah pakaian yang memiliki bahan yang menyerap keringat seperti katun. Selain itu, pilih juga bahan yang tipis dan ringan.

6. Minum air kelapa
Air kelapa muda memang menjadi salah satu elektrolit atau pengganti cairan tubuh. Selain itu, air kelapa juga kata dengan mineral dan vitamin yang penting untuk menurunkan panas tubuh.

7. Matikan lampu
Paparan lampu di ruangan akan membuat suhu makin gerah. Mematikan lampu akan membantu Anda mendinginkan ruangan.

(chs)