'Menyulap' Rumah dengan Tren Dekorasi Hunian Teranyar

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/10/2018 06:56 WIB
'Menyulap' Rumah dengan Tren Dekorasi Hunian Teranyar Ilustrasi (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sesuatu yang lama kembali menjadi baru. Ini berarti sesuatu yang menjadi tren di masa lampau kini digandrungi kembali.

Etsy, sebagai salah satu platform e-commerce kerajinan tangan--baru saja merilis tren dekorasi rumah yang kini tengah naik daun.

Bak roda yang berputar, tren dekorasi rumah kembali dihadapkan pada sesuatu yang sempat naik daun di era-era sebelumnya. Selain dekorasi ramah lingkungan, Etsy juga menemukan kembalinya tren bohemian yang sempat memasuki puncaknya pada era 1970an.


Untuk melihat tren itu, Etsy mengumpulkan data historis pencarian di situsnya.


"Salah satu yang paling saya sukai adalah kembalinya tren 1970an," ujar pakar tren Etsy, Dayna Isom Johnson, melansir Huffington Post.

Era 1970an, kata Johnson, merupakan masa kerika orang-orang merayakan aksesori buatan tangan. Dan, secara lebih jauh menginspirasi orang untuk membuat proyek pribadi mereka.

Jika Anda ingin 'menyegarkan' rumah tapi bosan dengan pernak-pernik standar, Anda bisa mencermati beberapa tren dekorasi rumah berdasarkan Etsy di bawah ini.

1. Barang daur ulang
Milenial salah satunya dikenal dengan karakter mereka yang autentik. Mereka punya kepedulian besar terhadap lingkungan sekitar. Tak heran jika produk-produk berkelanjutan dan ramah lingkungan mendadak naik daun belakangan.


Kini, sejumlah desainer beramai-ramai menghadirkan produk ramah lingkungan. Tengok saja konsep pewarnaan kain alami dengan menggunakan bahan-bahan alami yang kian digandrungi saat ini.

Penelusuran untuk pernak-pernik daur ulang pada situs Etsy naik lebih dari 120 persen di tahun 2018.

2. Dekorasi penuh warna
Corak warna pastel dan pelangi menjadi salah satu tren dekorasi yang paling disorot saat ini.

Dekorasi rumah penuh warna ini merupakan cara halus untuk membuat ruang yang membosankan menjadi lebih bersinar.

Penelusuran untuk produk-produk dekorasi rumah warna-warni ini naik lebih dari 40 persen di tahun 2018.

3. Pernak-pernik bersifat personal
Rumah Anda merefleksikan siapa Anda. Kenyataan itu membuat Anda menghabiskan banyak waktu untuk mencari barang yang tepat untuk menghias rumah atau kamar.


Berdasarkan Etsy, konsumen kini lebih senang menggunakan aksesori yang bersifat personal. Konsep pembuatan aksesori secara custom kini tengah naik daun. Dengan cara ini, konsumen bakal mendapatkan aksesori yang sesuai dengan keinginannya.

Di tahun 2018, Etsy menemukan adanya peningkatan sebanyak 50 persen untuk pencarian dekorasi custom.

4. Bohemian
Faktanya, kini kita kembali merayakan konsep estetika ala Bohemian yang sempat naik daun pada dekade 1970an.

Tampilan dekorasi rumah tahun 1970an yang santai dan bergaya Bohemian ini sangat kontras dengan gaya modern abad pertengahan yang telah mendominasi dekorasi rumah selama beberapa tahun terakhir.

Etsy menemukan adanya kenaikan 70 persen pada pencarian dengan kata kunci '70s home decor' di tahun ini.


5. Tren melukis garis
Di tahun 2017, dunia desain interior sempat diramaikan oleh tren 'wabi sabi', sebuah konsep estetika ala Jepang. Wabi sabi digambarkan sebagai sesuatu yang indah di tengah ketidaksempurnaan.

Satu tahun berjalan, wabi sabi tampaknya mempengaruhi tren yang ada saat ini. Berbagai polesan garis 'tak sempurna' itu hadir dalam sejumlah keramik yang biasa dijadikan sebagai hiasan ruangan.

Pencarian itu meningkat sebanyak 62 persen dalam tiga bulan terakhir.

Kendati hanya muncul pada keramik, namun Etsy memprediksi tren itu bakal merambah dunia tekstil dengan munculnya kain-kain bercorak sederhana dan magis. (asr/chs)