Tiga Destinasi Wisata Indonesia yang Populer di Internet

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 09/10/2018 19:19 WIB
Tiga Destinasi Wisata Indonesia yang Populer di Internet Kawasan Pelabuhan Labuan Bajo. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berdasarkan tren pencarian di Google Search, sejumlah destinasi wisata yang populer dan mengalami pertumbuhan cepat di Indonesia adalah Malang, Labuan Bajo dan Sumba.

"Kota-kota sekunder sedang populer di laman pencarian," kata Manajer Industri Google Indonesia, Zulfi Rahardian, saat jumpa pers di Jakarta, seperti yang dikutip dari Antara pada Selasa (9/10).

Selama periode Januari 2017 hingga Juli 2018, Google Indonesia menemukan fakta bahwa kepopuleran wisata di kota-kota sekunder tumbuh sebesar 48 persen, dibandingkan kota-kota utama yang hanya tumbuh 18 persen dalam periode yang sama.


Berdasarkan informasi yang mereka himpun dari mesin pencari Search, selama dua tahun terakhir Malang menjadi kota yang paling banyak dicari.

Wakil Direktur Pemasaran Traveloka, Kurnia Rosyada, pada acara yang sama, berpendapat bahwa letak Malang yang mudah dijangkau dan banyaknya objek wisata menjadi alasan mengapa kota tersebut menarik untuk dijadikan destinasi berlibur.

"Di Batu, Malang, banyak tempat wisata. Cuaca juga lebih dingin," kata Kurnia.

[Gambas:Instagram]

Sementara Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, terkenal berkat keindahan alamnya dan penampakan reptil purba Komodo.

Warganet biasanya mencari "hotel labuan bajo", "komodo", "labuan bajo flores" dan "labuan bajo wisata" di mesin pencari Google Search.

Pulau Sumba, yang juga terletak di NTT, juga menjadi buruan para pelancong.

[Gambas:Instagram]

Mereka mencari informasi seputar "tiket ke sumba" di Google Search.

Film 'Marlina Pembunuh Empat Babak' juga membuat pencarian "Sumba Barat" dan "Sumba Timur" populer.

Selain mencari soal pemandangan, nama hotel Nihi Sumba yang sempat dinobatkan menjadi salah satu hotel terbaik di dunia, juga banyak dicari.

Warganet yang belum berkesempatan mengunjungi hotel tersebut berbondong-bondong melihat penampakannya di mesin pencari Google Search.

[Gambas:Instagram]
(ard)