Met Gala 2019 Usung Tema Fesyen 'Camp'

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 08:30 WIB
Met Gala 2019 Usung Tema Fesyen '<i>Camp</i>' Met Gala 2018 (REUTERS/Eduardo Munoz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah mengangkat tema katolik pada gelaran tahun ini, Met Gala 2019 bakal mengusung 'camp' sebagai tema busana perhelatan tahun depan. Penyelenggara Met Gala, New York Metropolitan Museum of Art baru saja mengumumkan tema fesyen bertajuk "Camp: Notes on Fashion".

Tema camp diartikan sebagai para pendukung kelompok atau doktrin tertentu yang bergerak secara kolektif. Met Gala bahkan mendeskripsikan camp sebagai bentuk cinta yang tidak wajar dan melebih-lebihkan.

"Kita sedang mengalami momen camp yang ekstrem, dan rasanya sangat relevan dengan percakapan budaya untuk melihat apa yang diabaikan tapi bisa menjadi alat politik yang sangat kuat, terutama bagi budaya yang terpinggirkan," kata kurator Metropolitan Museum of Art, Costume Institute Andrew Bolton kepada New York Times, dikutip dari CNN.



Bolton bahkan berkaca pada situasi politik Amerika Serikat saat ini di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump.

"Entah itu camp pop, camp queer, atau camp politik, Trump adalah figur yang cocok untuk camp, saya pikir ini waktu yang tepat," ucap Bolton.

Met Gala merupakan ajang penggalangan dana untuk Metropolitan Museum of Art yang digelar setiap tahun pada malam Senin pertama di bulan Mei, sebelum pameran dibuka keesokan harinya. Museum itu bakal memamerkan 175 objek yang meliputi pakaian pria dan wanita dari abad ke 17.

Pada Met Gala 2019, Lady Gaga, Harry Styles, Serena Williams, direktur kreatif Gucci Alessandro Michele, dan pemimpin redaksi majalah fesyen Vogue Anna Wintour akan memandu jalannya acara.

Gelaran Met Gala dianggap sebagai malam fesyen terbesar di dunia. Gelaran ini selalu mengundang bintang besar yang datang memamerkan busana terbaiknya karya desainer dunia.

Pada Met Gala 2018, karya desainer Indonesia, Rinaldy Yunardy, muncul dalam salah satu aksesori yang dikenakan Madonna. Sang Ratu Pop mengenakan mahkota dan kalung salib yang mencolok rancangan Rinaldy. (ptj/asr)