FOTO: Cerita Sigiriya dan Tiga Tamannya

AFP, REUTERS, Safir Makki, CNN Indonesia | Minggu, 14/10/2018 15:42 WIB

Dhambulla, CNN Indonesia -- Di Sigiriya ada taman yang disebut taman tertua yang pernah dibuat oleh umat manusia.

Sigiriya berlokasi di dalam segitiga budaya Sri Lanka yang terdiri dari tiga lokasi yaitu Anuradhapura, Kandy, dan Pollonaruwa. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sigiriya terletak di dekat kota Dhambulla, Distrik Matale, Sri Lanka. (REUTERS/Dinuka Liyanawatte)
Nama Sigiriya diturunkan dari kata Sihagiri yang berarti batu yang berbentuk seperti singa, merujuk kepada formasi pintu gerbang menuju istana yang dibuat menyerupai seekor singa. (REUTERS/Dinuka Liyanawatte)
Sigiriya merupakan situs purbakala yang didominasi oleh sebuah batu karang besar yang menjulang setinggi 200 meter dikelilingi oleh tiga tipe taman. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Ketiga taman ini merupakan salah satu taman tertua di dunia yang pernah dibuat oleh umat manusia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sigiriya dikembangkan di masa Raja Kasyapa berkuasa (477-495 Masehi). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sigiriya dipilih sebagai ibukota kerajaan baru setelah pusat pemerintahan dipindahkan ke sana dari Anuradhapura. (AFP PHOTO / ISHARA S. KODIKARA)
Alasan dibalik pemindahan titik pusat kerajaan ini adalah keamanan, sebab Raja Kasyapa meraih takhta dengan cara mengkudeta ayahnya sendiri sehingga ia takut mengalami serangan balasan dari Mugalan, pemegang tahta resmi kerajaan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Singkat kata, perang tetap terjadi di antara kedua pihak dan setelah kekalahan Kasyapa, Mugalan memindahkan kembali ibukota kerajaan ke Anuradhapura sementara Sigiriya diubah menjadi kuil untuk pemujaan agama Buddha hingga abad ke-14. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Setelah itu area ini tidak lagi digunakan secara sempurna dan mulai terbengkalai. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Istana raja dibangun di puncak batu karang tunggal yang merupakan sisa dari gunung berapi yang sudah punah. Saat ini, yang tersisa dari istana tersebut hanya pondasinya saja setinggi dua lapis batu bata besar, jadi tidak banyak yang bisa dinikmati secara visual dari lokasi spesifik ini. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Area di sekitar batu karang masih cukup terjaga, terutama area pertamanannya. Sigiriya dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO mengingat peran pentingnya sebagai tonggak perkembangan awal sistem perencanaan kota dari masa lalu. (AFP PHOTO/ Ishara S.KODIKARA)