Keindahan Pasir Pantai Jikumerasa di Festival Pesona Bupolo

Kemenpar, CNN Indonesia | Senin, 15/10/2018 20:41 WIB
Keindahan Pasir Pantai Jikumerasa di Festival Pesona Bupolo Pantai Jikumerasa menjadi tempat yang menarik bagi perhelatan Festival Pesona Bupolo 2018 di Kabupaten Buru, Maluku. (Foto: Dok Kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pantai Jikumerasa menjadi tempat yang menarik bagi perhelatan Festival Pesona Bupolo 2018 di Kabupaten Buru, Maluku. Acara bersih-bersih pantai pun digelar pada 13 Oktober.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru Istanto Setyahadi menuturkan Pantai Jikumerasa merupakan salah satu pantai andalan dan lokasinya dekat dengan Bandara yakni sekitar 15 menit. 

"Kami juga menggelar bersih-bersih pantai di destinasi ini. Ada kegiatan lomba pukul bantal dan banyak rangkaian di Festival Pesona Bupolo yang dilaksanakan di pantai ini," katanya , Senin (15/10).

Pantai yang masuk daerah Namlea memang memiliki keindahan macam pasir putih yang membentang serta ombak yang tenang.


Dia menuturkan pengunjung dapat melakukan snorkling di pantai, dan dalam waktu dekat akan didirikan dive center untuk para wisatawan.

Kementerian mencatat pantai itu memiliki Danau Air Asin yang dikenal oleh penduduk lokal. Bentuknya seperti danau kecil, yakni saat air laut pasang, maka alirannya akan masuk ke danau tersebut.

Wisata alam laut yang tersaji seperti lukisan alam yang membentuk tiga warna tatkala matahari mulai berada tepat di atas kepala. 

Pantai Jikumerasa juga punya dampak langsung terhadap penduduk setempat. Sebagian mereka berjualan pisang goreng dan sajian rujak khas Maluku.

Melepas Penat

Kepala Bidang Area IV Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Syukurni menambahkan jika Anda merasa lelah, suasana ombak dapat menenangkannya.

"Cocok untuk melepaskan penat, silakan datang ke Buru. Banyak sekali destinasi-destinasi indah di negara kita. Salah satunya di Kabupaten Buru ini," kata Syukurni.


Pantai Jikumerasa ini juga masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017 dalam kategori Obyek Wisata Bersih Terpopuler.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap kepada seluruh masyarakat untuk menjaga objek wisata di daerah. "Mari kita jaga bersama destinasi kita. Minimal adalah hilangkan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan," kata dia.


(egp/stu)