Tanaman Hias Buat Kulit Terhidrasi Alami

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 05:52 WIB
Tanaman Hias Buat Kulit Terhidrasi Alami Ilustrasi (Istockphoto/Drazen_)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terlalu lama di ruangan ber-AC atau terkena paparan sinar matahari dapat membuat kulit kehilangan cairan atau dehidrasi. Salah satu cara alami untuk mendapatkan kembali cairan tubuh itu adalah melalui tanaman hias.

Tanaman hias yang biasa diletakkan di dalam ruangan tak hanya berfungsi sekadar hiasan saja. Tanaman itu ternyata bisa bermanfaat melembapkan kulit kering dan mendapatkan cairan atau terhidrasi dengan alami.

Penelitian terbaru mengenai manfaat tanaman hias dari The Royal Horticultural Society (RHS), terdapat beberapa tumbuhan yang baik untuk kulit.



Studi itu menemukan bahwa bunga dan tanaman semak tertentu dapat mencegah pengeringan melalui proses transpirasi atau terlepasnya uap air melalui daun pada tumbuhan.

Dalam proses transpirasi itu, tanaman mengeluarkan air lewat stomata. Hasilnya, ruangan tempat tanaman hias itu berada menjadi lebih lembap dan berpengaruh pada kulit.

"Tanaman merupakan cara sederhana dan terjangkau untuk mengurangi kekeringan udara di dalam ruangan dan meringankan gejala kulit kering, juga memberikan banyak manfaat lain untuk kesehatan jiwa dan fisik," kata kepala ilmuwan hortikultura RHS Tijana Blanusa kepada The Telegraph.

Peneliti merekomendasikan tumbuhan dengan tingkat transpirasi yang tinggi, serta tanaman dengan kanopi besar dan mengeluarkan air yang banyak. Tumbuhan dengan tipe ini baik untuk kulit.


"Tergantung pada jenis tanaman, ukuran, dan kondisi di dalam ruangan, tanaman dapat kehilangan sebanyak beberapa ratus mililiter air per meter persegi luas daun," kata Blanusa.

Menurut studi ini, tanaman yang paling efektif adalah bunga lili yang dapat menguap setara dengan satu cangkir air per hari. Namun, Blanusa menyebut ada banyak tanaman hias lain yang bisa digunakan.

Diberitakan The Independent, selain bermanfaat untuk kulit, tanaman hias di dalam ruangan ini juga dapat membuat udara bersih dan bebas dari hal-hal yang menyebabkan alergi.

Peneliti menjelaskan, tanaman dapat menangkap debu di dalam ruangan, sejumlah senyawa kimia di cat dan perabotan, serta gas yang keluar saat memasak dan menghidangkan makanan. Tanaman membutuhkan zat ini untuk bernapas dan mengeluarkan udara yang sehat dari proses respirasi tumbuhan. (ptj/asr)