Waktu yang Tepat Mengunjungi Nepal

Tim , CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 12:07 WIB
Waktu yang Tepat Mengunjungi Nepal Ilustrasi. (Foto: Phurba Tenjing Sherpa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak lima orang pendaki gunung asal Korea Selatan, serta empat pendaki dan seorang porter dilaporkan hilang setelah badai menghantam kamp mereka di puncak Himalaya sisi barat Nepal, pada Sabtu (13/10). Keesokan harinya jenazah para pendaki dan porter tersebut, dievakuasi oleh tim penyelamat yang dibantu warga.

Menurut info yang dikutip dari Antara, daerah ini terletak sekitar 216 kilometer ke arah barat laut dari Kathmandu, ibu kota Nepal, yang merupakan tempat Dhaulagiri, gunung tertinggi ketujuh di dunia berada.

Bukan rahasia lagi jika Nepal adalah negara idaman para petualang, khususnya pendaki gunung. Everest adalah tujuan utama bagi para pendaki yang ingin berdiri di atap dunia.


Sayangnya Nepal tidak ramah terhadap para pendaki sepanjang tahun, ada waktu-waktu yang sebaiknya dihindari untuk mendaki.

Mengutip tripsavy, antara bulan April dan Juni adalah momen terbaik untuk menikmati Himalaya. Karena bunga-bunga sedang bermekaran, dan suhu tidak terlampau dingin. Bahkan ada beberapa tempat yang mencapai suhu 40 derajat celcius.

Namun jarak pandang menjadi permasalahan, karena kelembaban yang terlampau tinggi. Sedangkan pada bulan Juni sampai September, musim hujan menjadi mimpi buruk bagi para pendaki. 

Sementara itu, bulan Oktober sampai Desember kerap menjadi puncak musim pendakian karena jarak pandang di kawasan pegungan sedang dalam fase yang baik.

Jika belum sanggup mendaki Gunung Everest, Nepal menawarkan banyak tempat tinggi yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Annapurna, yang cukup ramah bagi para pendaki.

Untuk menamatkan Annapurna, diperlukan waktu sekitar 17 sampai 21 hari. Jalur ini bisa dilalui tanpa kehadiran pemandu, namun akan lebih baik jika menggunakan jasa pemandu demi keselamatan dan keamanan.

Selain itu pelajari lagi apa yang sekiranya diperlukan saat berada di Nepal, misalnya soal mata uang, visa, tempat menginap, rumah makan, kalimat-kalimat sederhana, vaksin, asuransi perjalanan, dan lainnya. (agr)