Rahasia Membuat Burger Sempurna ala Gordon Ramsay

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/10/2018 14:18 WIB
Rahasia Membuat Burger Sempurna ala Gordon Ramsay Ilustrasi burger (FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Burger dan Gordon Ramsay bak dua entitas yang tak dapat dipisahkan. Ramsay dikenal sebagai koki yang menguasai pembuatan makanan 'klasik' sekelas burger. Dia pun tak segan berbagi trik untuk burger yang sempurna.

Ramsay menjabarkan lima rahasia burger sempurna dalam sebuah video YouTube untuk program "Good Morning America".

Apa elemen utama sebuah burger? Jawabannya ada pada dagingnya. "Rahasia untuk sebuah burger ada pada campurannya (daging)," ujar Ramsay dikutip dari The Independent.



Dia biasa menggunakan daging sapi bagian 'chuck' atau bagian daging di dekat leher dan sedikit 'brisket' yang ada di bawahnya berdekatan dengan dengkul.

Campuran dua bagian daging sapi ini diaduk bersama telur. Campuran daging kemudian didiamkan selama sehari sebelum dipanggang.

Rahasia kedua terletak pada proses pemanggangan. Setelah daging didiamkan, Ramsay bakal mulai memanggang daging tanpa banyak membolak-balik.

"Sekali diletakkan pada panggangan, rahasianya gerakkan sesedikit mungkin. Semakin banyak digerakkan, semakin mungkin daging akan hancur," kata Ramsay.


Ketiga adalah topping. Menurut juri Master's Chef ini, bawang bombay panggang segar merupakan komponen penting untuk burger sempurna.

"Ini mudah dibuat dan sangat fenomenal. Bawang bombay mentah itu terlalu kasar, asam, dan merusak rasa," imbuhnya.

Bawang bombay yang sudah diiris bisa dipanggang bersama daging. Namun, pastikan bawang tetap utuh.

Hal keempat adalah penambahan rasa, di mana Ramsay mengandalkan butter. Saat daging dipanggang, dia mengoleskan butter cair pada dua sisi daging. Butter akan memperkaya rasa daging.

Terakhir, konstruksi burger. Daging sebaiknya langsung diletakkan pada tumpukan roti dan sayuran. Dia menyarankan agar bahan lain sudah siap sehingga daging tak perlu menunggu lagi. (els/asr)


BACA JUGA