Hari Menopause Sedunia

Studi: Menopause Dini dan Diabetes Bisa Perpendek Usia

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/10/2018 20:49 WIB
Studi: Menopause Dini dan Diabetes Bisa Perpendek Usia ilustrasi pembalut (Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak ada yang bisa memprediksi usia seseorang. Namun sebuah studi menyimpulkan bahwa wanita yang mengalami menopause dini plus diabetes memiliki harapan hidup lebih pendek daripada wanita yang mengalami menopause normal atau lambat. 

Studi melibatkan lebih dari tiga ribu wanita menopause. Peneliti membandingkan mereka yang mengalami menopause dini, normal dan lambat plus wanita dengan diabetes. 

Penelitian menyebutkan, jika dibanding dengan mereka yang mengalami menopause terlambat, perempuan dengan menopause dini atau menopause di bawah usia 44 tahun dan menderita diabetes harapan hidupnya berkurang 3,5 tahun. 



Jika dibandingkan dengan menopause terlambat, perempuan dengan menopause dini dan mengalami diabetes, usianya akan berkurang 3,1 tahun.

Jika wanita dengan menopause dini dibanding dengan wanita dengan menopause normal (menopause di usia 45-54 tahun), secara umum harapan hidup berkurang selama 3,1 tahun. 

Studi yang terbit di jurnal Menopause milik North American Menopause Society (NAMS) ini mengambil fokus pada diabetes dan menopause dini. Kedua variabel ini diperkirakan berhubungan dengan kematian dini.

"Perempuan dengan menopause dini berisiko memiliki usia hidup yang lebih singkat dan berisiko mengalami diabetes. Usia perempuan yang mengalami menopause dini tanpa diabetes juga jauh lebih pendek dibanding mereka yang mengalami menopause normal (usia 45-54) atau bahkan terlambat (setelah usia 55 tahun)," kata JoAnn Pinkerton, Direktur eksekutif NAMS dikutip dari News Medical.


Mengutip Medpage Today, sebelumnya sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 lalu mendapatkan data bahwa perempuan yang mengalami menopause dini berisiko untuk mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang mengalami menopause terlambat.

(els/chs)


BACA JUGA