EMPAT TAHUN JOKOWI-JK

6 Benda Fesyen yang Populer Gara-gara Jokowi

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 19/10/2018 14:44 WIB
6 Benda Fesyen yang Populer Gara-gara Jokowi Jokowi saat touring ke Pelabuhanratu (Detikcom/Ray Jordan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan hanya soal kebijakan yang jadi sorotan selama Presiden Joko Widodo memimpin Indonesia sejak empat tahun lalu. Apa yang dilakukan Jokowi hingga barang-barang fesyen yang dikenakannya juga ikut populer.

Tak tanggung-tanggung, netizen bahkan menyuarakan tagar #JokowiEffect untuk membicarakan besarnya pengaruh Jokowi itu. Hal ini 'meniru' tagar pengaruh mode Kate Middleton di Inggris #KateEffect.

CNNIndonesia.com merangkum barang-barang fesyen yang populer sejak Jokowi memimpin Indonesia pada 2014 lalu.



1. Jaket bomber
Saat ribuan orang tumpah ruah ke jalan untuk demonstrasi pada 4 November 2016 atau dikenal dengan 4/11, Jokowi justru tampil santai mengenakan jaket bomber.

Jokowi memakai jaket berwarna hijau itu ketika memimpin rapat terbatas di Istana Negara dan berlanjut sampai memberikan keterangan pers di media. Jokowi mengaku jaket keluaran Zara itu merupakan milik anaknya.

Setelah dipakai Jokowi, jaket itu ramai diperbincangkan. Penjualan jaket serupa pun melonjak tajam. Tak cuma itu, jaket bomber ini pun punya banyak produk tiruannya.

2. Payung biru
Gaya Jokowi kembali menarik perhatian saat aksi 212 pada 2 Desember 2016. Di tengah guyuran hujan, Jokowi yang hendak bergabung dengan keramaian di Taman Monas memakai payung besar berwarna biru. 

Payung itu lagi-lagi viral di media sosial. Setelah diusut, diketahui payung itu ternyata merupakan bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.



3. Sandal Fladeo
#JokowiEffect kembali terjadi saat Sang Presiden berkunjung ke Balikpapan, Kalimantan Timur pada 4 Desember 2016. Saat itu Jokowi mampir ke Balikpapan Superblock dan membeli sandal buatan lokal, Fladeo.

Sandal biru itu pun diunggah di media sosial Jokowi dan langsung jadi trending topic.

"Mampir ke Balikpapan Superblock beli sandal. Lumayan dapat diskon jadi Rp119 ribu. Produk Indonesia bagus kualitasnya," tulis Jokowi pada keterangan foto tersebut.


4. Barbershop
Jasa potong rambut pun ikut kecipratan untung karena Jokowi. Barbershop Hunky Dory di Bogor pernah didatangi Jokowi untuk bersama anak bungsunya, Kaesang Pangarep.

Aksi Jokowi potong rambut di tukang cukur kekinian itu diunggah Kaesang melalui vlog di akun YouTubenya pada 14 Januari 2017. 

Vlog berjudul Antar Bapak Cukur Rambut itu viral di dunia maya. Barbershop itu pun hingga saat ini terus ramai oleh pengunjung.

5. Jaket denim
Aksi nyentrik Jokowi kembali terlihat kala touring ke Pelabuhanratu, Sukabumi dengan menunggangi motor chopperland ditambah jaket denim berpadu sneakers Vans metallica berwarna hitam.

Jaket itu juga menuai kontroversi lantaran memiliki peta Indonesia yang terbelah di bagian dada. Jaket buatan Never Too Lavish itu didesain khusus untuk sang presiden. Desain itu menggambarkan Indonesia dengan segala keberagaman yang dimilikinya. Keberagaman itu terlihat dari tulisan 'Indonesia' yang terletak di belakang jaket Jokowi. 


6. Sneakers hitam
Jokowi memang kerap memadukan busana yang dipakainya dengan sepatu kasual seperti sneakers. Apalagi jika berkunjung ke acara-acara yang sporty dan dekat dengan kaum milenial.

Sneakers hitam satu ini bahkan dikenakan Jokowi saat pertemuan politik dengan sejumlah pimpinan partai politik di Istana Negara. Saat itu Jokowi membahas persiapan jelang Pemilihan Presiden pada 23 Juli lalu.

Sneakers buatan produsen lokal asal Bandung, Nah Project itu berwarna hitam dengan sol putih yang terkesan sangat kekinian. Sneakers ini juga dipakai saat mengunjungi acara musik We The Fest 2018. (ptj/chs)