5 Negara Terbaik Pilihan Ekspatriat Tahun Ini

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 19/10/2018 20:06 WIB
5 Negara Terbaik Pilihan Ekspatriat Tahun Ini Pemandangan Bahrain menjelang sore hari. (Istockphoto/Leonid Andronov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bekerja di luar negeri sudah pasti menjadi salah satu pengalaman hidup yang berharga bagi setiap orang. Tapi tak semua negara dianggap nyaman bagi kaum ekspatriat alias kaum perantau.

Mengutip Lonely Planet pada Jumat (19/10), berikut adalah beberapa negara yang tepat dikunjungi untuk berwisata sambil bekerja menurut survei Expat Explorer pada tahun ini.


Yang membanggakan tahun ini Indonesia berada di peringkat ke-13, setelah pada tahun sebelumnya berada di peringkat ke-19. Tahun ini Indonesia berada di bawah India dan di atas Spanyol.


1. Singapura

Melalui survei yang dilakukan kepada 22 ribu ekspatriat di dunia, Singapura berhasil menempati peringkat pertama.

Survei mengatakan perpindahan karier ke Singapura justru meningkatkan penghasilan kebanyakan perantau.

Meski demikian calon rantau harus siap akan kesibukan yang menanti, lantaran pengakuan sebagian rantau yang sulit menyeimbangkan waktu bekerja dan bersantai di sini.

[Gambas:Instagram]


2. Selandia Baru

Lain halnya dengan Singapura yang sesuai bagi workaholic, Selandia Baru justru dinobatkan sebagai negara terbaik untuk bekerja dan berwisata karena suasananya yang menenangkan.

Sejumlah 60 persen perantau di Selandia Baru mengatakan ingin meningkatkan kualitas hidup ketika memilih untuk pindah ke Negara Kiwi.

Sedangkan 56 persen lainnya mengatakan ingin hidup lebih sehat sebagai alasan utama.

[Gambas:Instagram]


3. Jerman

Jika ingin memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan hidup di luar kantor, Jerman memiliki waktu kerja yang relatif singkat, yakni 26 jam per minggu.

Sebanyak 71 persen perantau di Jerman mengaku telah menemukan keseimbangan hidup yang baik setelah berpindah atap.

[Gambas:Instagram]

4. Kanada

Kanada menargetkan setidaknya satu juta orang perantau untuk pindah dan bekerja di negaranya pada 2020. Maka tak heran jika imigran dilayani begitu baik di Kanada.

Ditemukan 70 persen perantau di Kanada yang mengaku mudah beradaptasi dengan warga dan budaya setempat dan 51 persen perantau yang hidup berdampingan dengan lokal.

Kanada bahkan dinobatkan sebagai negara paling ramah dengan perbedaan ras, jenis kelamin, orientasi seksual hingga kepercayaan oleh 68 persen anggota survei.

[Gambas:Instagram]

5. Bahrain

Bahrain merupakan pendatang baru di posisi lima teratas di survei tahun ini.

Namanya melambung tinggi karena pertumbuhan ekonomi pesat yang bahkan telah mengalahkan Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional.

Dalam setahun belakangan ini, perekonomian Bahrain meluas ke perbankan, industri berat, ritel dan pariwisata.

(fey/ard)