GenPI Purworejo Siap Promosikan Pariwisata Indonesia

Akfa Nasrulhaq, CNN Indonesia | Senin, 22/10/2018 21:24 WIB
GenPI Purworejo Siap Promosikan Pariwisata Indonesia Generasi Pesona Indonesia (GenPI) terus berkembang dengan keanggota baru yakni GenPI Purworejo. (Foto: Dok. Kemenpar)
Purworejo, CNN Indonesia -- Generasi Pesona Indonesia (GenPI) terus berkembang dengan keanggota baru yakni GenPI Purworejo. Bertempat di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, komunitas warganet di sana resmi menjadi keluarga besar GenPI, Minggu (21/10).

Sekretaris Kemenpar Ukus Kuswara mengungkapkan kehadiran GenPI Purworejo menjadi energi baru pariwisata Indonesia.

"GenPI kini semakin solid dengan bergabungnya Purworejo. Kekuatan dan sebaran branding pariwisata semakin merata. Kami juga gembira, sebab Purworejo sekarang memiliki netizen yang santun. Aktivitas mereka juga memberi manfaat bagi pariwisata Indonesia dan daerahnya," kata Ukus, dalam keterangan tertulis, Senin (22/10).


Memiliki posisi strategis, deklarasi GenPI Purworejo sangat spesial dengan dihadiri langsung oleh Ukus. Agenda ini juga dihadiri oleh Pembina GenPI Don Kardono, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Agung Pranoto. 

"Posisi GenPI ini sangat penting. Sebab, branding GenPI akan mempercepat pertumbuhan pariwisata di Purworejo. Apalagi, posisi Purworejo ini sangat strategis. Dekat dengan Yogyakarta dan Borobudur," lanjut Ukus.


Secara geografis berada di sisi Pantai Selatan Jawa Tengah, Purworejo berbatasan langsung dengan DI Yogyakarta. Purworejo juga memiliki akses langsung ke Bandara Internasional Yogyakarta, Kulonprogo.

Medsos untuk Pariwisata

Kehadiran GenPI diharapkan jadi media promosi digital ideal sehingga wisatawan juga ikut menikmati beragam destinasi menarik di Purworejo.

Memiliki wilayah pantai hingga pegunungan, Purworejo menjadi destinasi ideal. Purworejo memiliki Wisata Alam Sendang, Hutan Pinus Kalilo, Goa Seplawan, hingga Curug Lumbung. Alternatif lainnya adalah Gunung Ijo, Gunung Kunir, juga Curug Kaliurip, dan Curug Gunung Putri. 

"Dengan destinasi lengkap seperti, sudah seharusnya pariwisata menjadi leading sector di Purworejo. Dan, branding ini bisa dilakukan oleh GenPI Purworejo melalui media sosial," katanya.

Namun demikian, Ukus berpesan agar GenPI Purworejo tetap harus bersikap santun dalam menjalankan fungsinya sebagai Laskar Digital. Komunikasi dilakukan atas dasar fakta dan bukan hoaks.

"Sekarang ini momen ideal untuk menjalin silaturahmi di media sosial. Semua dilakukan secara sopan. Arahnya pun jelas, membangun pariwisata dan mendapatkan banyak value," tegasnya.


Ungkapan senada juga dilontarkan Pembina GenPI Don Kardono. Untuk menunjang perkembangan destinasi pariwisata Purworejo, beberapa creative value dan commercial value pun sudah disiapkan.

"Harus ada langkah besar untuk memanfaatkan fungsi media sosial. Fungsinya bisa dioptimalkan guna memajukan pariwisata. Nanti akan ada banyak manfaat yang didapat. Untuk commercial value, bisa melalui aktivitas offline," jelasnya.


(mid/mid)