Berwisata Bersama Komunitas di Jakarta

Tim , CNN Indonesia | Selasa, 23/10/2018 09:30 WIB
Berwisata Bersama Komunitas di Jakarta Ilustrasi. (Foto: Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta telah menjadi destinasi wisata urban yang banyak diminati wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, pada tahun 2017 tercatat lebih dari 2,6 juta wisatawan mancanegara dan 35,4 wisatawan nusantara yang datang ke Jakarta.

Selain menyuguhkan Museum Fatahilah sebagai ikon pariwisata, Jakarta juga memiliki beragam komunitas yang menawarkan kegiatan menarik untuk mewarnai kegiatan wisata. Berikut adalah beberapa di antaranya.


1. Belantara Budaya Indonesia

Belantara Budaya Indonesia menawarkan kursus tari tradisional gratis di sejumlah museum di Indonesia, seperti Museum Nasional.

Hingga kini, Belantara Budaya Indonesia sudah memiliki 10 sekolah tari dengan 1700 murid berusia mulai dari tiga tahun hingga 70 tahun.

Untuk pengunjung yang ingin melenggang layaknya penari betawi, kegiatan tari dapat diikuti setiap hari Sabtu pukul 10 pagi secara cuma-cuma.

[Gambas:Instagram]

2. Ngopi Jakarta

Jakarta merupakan kota penuh sejarah dengan lika-liku misteri yang tak banyak diketahui wisatawan maupun penduduk setempat.

Menjawab rasa penasaran banyak orang, Ngopi Jakarta (NgoJak) dibangun sebagai wahana belajar bersama di mana anggotanya dapat berbincang bersama mengenai sejarah Jakarta di sejumlah lokasi berbeda.

Untuk mengikuti perjalanan bersama, peserta harus mendaftarkan diri di website resmi NgoJak.

[Gambas:Instagram]

3. Taman Suropati Chamber

Mengusung konsep bermusik di ruang terbuka, Taman Suropati Chamber menawarkan wadah belajar alat musik gesek bagi peserta dengan berbagai keahlian.

Kegiatan latihan dilakukan setiap hari Minggu mulai pukul 10.30 WIB di Taman Suropati.

Untuk mengikuti pelatihan, peserta dapat langsung menghubungi kontak yang tertera di akun Instagram Taman Suropati Chamber.

[Gambas:Instagram]

4. Natural Cooking Club

Natural Cooking Club (NCC) merupakan komunitas pecinta kuliner yang menyuguhkan ragam kegiatan hingga diskusi kuliner dengan bahan alami.

Sejumlah resep hidangan nusantara hingga mancanegara, seperti pembuatan Croissant, Risoles hingga Siomay akan diulik bersama Fatmah Bahalwan selaku pendiri NCC.

Bagi siapapun yang ingin mengikuti kegiatan memasak, jadwal kelas dapat dilihat di situs remsi NCC Indonesia 

[Gambas:Instagram]

5. Yoga Gembira

Aktivitas yoga cenderung diidentikan dengan biaya yang mahal. Namun, tak begitu halnya dengan yoga dalam Komunitas Yoga Gembira.

Kegiatan yoga ini bisa diikuti secara gratis di Taman Suropati setiap hari minggu pukul 7 pagi.

Untuk bergabung, peserta bisa langsung mendaftarkan diri melalui link yang tertera di akun Instagram Yoga Gembira.

[Gambas:Instagram]
(fey/agr)