Cara Membaca Kepribadian Seseorang Lewat Tulisan Tangan

CNN Indonesia | Minggu, 28/10/2018 09:58 WIB
Cara Membaca Kepribadian Seseorang Lewat Tulisan Tangan Ilustrasi menulis tangan (StockSnap/Luis Llerena)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepribadian seseorang bisa dilihat melalui goresan tulisan tangan yang ditorehkannya. Lewat tulisan tangan, karakter seseorang dapat dianalisis dari berbagai aspek.

Grafolog atau ahli tulisan tangan Deborah Dewi menjelaskan, grafologi merupakan ilmu tentang karakter manusia melalui medium tulisan tangan dengan cara mengidentifikasi pola indikator grafis pada tulisan. Jika dirinci, terdapat 440 indikator untuk mengetahui kepribadian seseorang melalui tulisan tangan.

Analisis tulisan tangan ini juga dapat membantu orang lain mengetahui kekuatan dan mengolah diri untuk mencapai tujuan dalam hidup.


"Mengapa bisa dianalisis? Karena tulisan tangan itu bukan saja handwriting, tapi brainwriting, otak ikut di sana," ujar Deborah dalam Post-It Handwriting Workshop di Jakarta, Selasa (23/10).


Meski menulis dengan pulpen yang sama, setiap orang punya pola tulisan tangan yang berbeda. "Padahal, fakta menariknya kita belajar dari sumber atau input yang sama," ujar Deborah.

Karakteristik seseorang itu bisa dilihat melalui kombinasi pola layout, pergerakan, kecepatan, ukuran, kemiringan, jarak, tinggi, lebar, tekanan, bentuk huruf, koma, bahkan tanda titik bisa dianalisis secara akurat.

"Akurasi ilmunya 100 persen karena sudah ada penelitiannya. Tapi akurasi praktisinya tergantung jam terbang, sama seperti dokter," ungkap Deborah yang merupakan satu-satunya grafolog Indonesia dengan standar kompetensi yang divalidasi di 83 negara. Dia sudah berkecimpung dalam grafologi selama 10 tahun.

Dalam workshop itu, Deborah membagikan cara membaca kepribadian seseorang melalui tulisan tangan secara umum. Hal ini dapat dilihat dari tulisan seseorang pada kertas kosong.


Deborah meminta peserta workshop untuk menulis definisi sukses di kertas kosong dalam beberapa kalimat atau paragraf. Tulisan itu dianalisis dalam tiga pokok utama dalam menulis yakni komposisi layout, pergerakan, dan bentuk huruf. Masing-masing komponen ini dapat diidentikkan dengan kepribadian seseorang.

1. Komposisi layout
Deborah menjelaskan komposisi layout ini menggambarkan cara seseorang menempatkan diri di lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari ruang yang tersedia di kertas itu.

"Jika memenuhi semua lembar itu menunjukkan dia orang yang mendominasi, suka menjadi pusat perhatian. Jika terpusat dan ada banyak ruang artinya tidak dominan saat berkumpul dengan orang-orang," ungkap Deborah.

2. Pergerakan tulisan
Pergerakan tulisan ini dapat diketahui dari tingkat statis dan dinamisnya tulisan seseorang. Statis ditunjukkan dengan pola yang selalu sama seperti jarak dan kemiringan, sebaliknya untuk dinamis. (ptj/asr)


BACA JUGA